SOLOPOS.COM - Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Jawa Tengah Wilayah VII, Pangarso Yuliatmoko membuka lomba kompetensi SMK tingkat Kota Solo di Auditorium SMKN 8 Solo, Senin (6/3/2023). (Istimewa/YouTube SMKN 8 Solo)

Solopos.com, SOLO—Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Solo mengadakan Lomba Kompetensi Siswa atau LKS tingkat Kota Solo, Senin (6/3/2023) sampai Rabu (15/3/2023). Sedangkan tempat pelaksanaannya tersebar di berbagai SMK negeri dan swasta di Solo.

Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Jawa Tengah Wilayah VII, Pangarso Yuliatmoko, mengatakan LKS SMK merupakan kejuaraan atau perlombaan yang bertujuan memacu perkembangan siswa SMK. “Sehingga kalau sudah kemampuan dan kompetensinya meningkat, nanti ketika masuk dunia kerja lebih siap,” ujar dia kepada Solopos.com, Selasa (7/3/2023).

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Dia menjelaskan perlombaan tersebut diikuti oleh seluruh SMK di Solo. Masing-masing sekolah akan mengirimkan perwakilan di bidang lomba yang ada. Menurut dia, LKS memiliki beberapa jenjang di antaranya tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional.

“Nanti kalau sudah juara satu di tingkat kota, dikirim ke tingkat provinsi. Begitu setelahnya jika juara di tingkat provinsi akan dikirim ke tingkat nasional,” tambah dia.

Dia menjelaskan penjuriannya  pun melibatkan pihak luar seperti praktisi atau profesional sesuai bidang yang dilombakan. “Bukan dari guru, jurinya melibatkan orang luar dari industri,” ujar dia.

Selain itu, Pangarso mengatakan melalui lomba ini diharapkan mampu menyiapkan siswa menjadi tenaga-tenaga profesional. Termasuk memantik sekolah-sekolah SMK di Solo untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

“Sekali lagi agar di dunia kerja nanti siswa bisa lebih siap sehingga nanti taraf hidup [ekonomi] mereka juga naik,” kata dia.

Ketua Panitia LKS MKKS SMK Kota Solo, Sri Ekowati, mengatakan yang dilombakan di tingkat provinsi terdiri dari 54 mata lomba. Namun, dia mengatakan untuk Kota Solo hanya mengikuti 44 mata lomba. “Karena ada bidang keahlian yang tidak terdapat di Solo, misal bidang pertanian dan perikanan, juga bidang kemaritiman,” ujar dia.

Sri menambahkan dari 44 mata lomba yang diajukan di tingkat provinsi, hanya 33 mata lomba diadakan kompetisi di Solo. Dia mengatakan sisanya, 11 mata lomba langsung diajukan ke tingkat provinsi. “Karena jumlah sedikit dan itu memang diselenggarakan oleh provinsi,” kata dia.

Dia mengatakan dari 2021, prestasi SMK di Solo meningkat. Sri melaporkan pada 2021 Solo meraih 3 emas, 4 perak, dan 2 perunggu di LKS tingkat provinsi. Sedangkan 2022 berhasil meraih 3 emas, 4 perak, dan 4 perunggu.

“Untuk itu kami berani menargetkan pada 2023 ini memperoleh 6 emas, 5 perak, 5 perunggu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya