SOLOPOS.COM - Huruf Z pada kendaraan militer Rusia (Twitter/ @kamilkazani)

Solopos.com, SOLO – Awalnya huruf “Z” terlihat di badan kendaraan-kendaraan militer Rusia yang merangsek menyerbu Ukraina. Lama-lama huruf itu pun menjadi simbol dukungan terhadap aksi militer Rusia di Ukraina.

Salah satu contoh penggunaan huruf Z yang menarik perhatian adalah aksi pesenam Rusia Ivan Kuliak saat bertanding di kejuaraan dunia di Qatar belum lama ini. Saat berdiri di podium bersisihan dengan pesenam Ukraian Illia Kovtun, di pakaiannya terlihat huruf Z dari tempelan pita perekat. Dia kini menghadapi proses sidang disiplin dari Federasi Senam Internasional yang mengecam aksinya itu sebagai “perilaku yang mengejutkan.”

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Kalau banyak rakyat Rusia yang terlihat ikut serta dalam euforia simbol Z, sebenarnya bisa “dimaklumi” karena aliran informasi di Rusia dikontrol ketat oleh pemerintah. Maka narasi yang mendominasi kanal-kanal informasi dan media sosial adalah narasi dari pemerintahan Presiden Vladimir Putin. Putin sejak menjelang serangan ke Ukraina pada 24 Februari 2022 lalu getol menyatakan bahwa operasi militer di Ukraina adalah tindakan untuk melindungi rakyat Rusia dan membasmi golongan fasis Nazi di negeri itu.

Pemerintah secara resmi tidak menyebut aksi militer di Ukraina sebagai perang, melainkan “operasi militer khusus.” Selain itu pemerintah Rusia juga giat mendorong masyarakat untuk ikut dalam propaganda huruf Z itu.

Huruf Z juga menjadi simbol teror bagi orang Rusia yang menentang perang itu. Seperti diberitakan Aljazeera, kritikus film Anton Dolin yang pernah mengunggah kritik pedas soal kejahatan perang di Facebook, mengalami teror itu. Dolin yang kini tinggal di Latvia, negeri yang dulu “dipaksa” jadi bagian Uni Soviet, pernah melihat bahwa pintu bangunan apartemennya diberi tanda Z dengan cat semprot. “Tujuannya jelas,” kata dia seperti dikutip Aljazeera. “Awas, kami tahu di mana keluargamu tinggal,” imbuh dia.

Huruf Z pada kaus yang dikenakan kelompok pendukung pemerintah Rusia. (Twitter/@kamilkazani)
Huruf Z pada kaus yang dikenakan kelompok pendukung pemerintah Rusia. (Twitter/@kamilkazani)

Masyarakat di luar negeri yang mendukung Rusia juga ikut menggunakan simbol Z. Misalkan saja dalam aksi unjuk rasa mendukung Rusia di Belgrade, Serbia, peserta juga terlihat membawa bendera dengan simbol Z. Mereka juga mencoreti jalan raya dengan huruf Z menggunakan cat.

Tapi apa sebenarnya arti simbol Z? Padahal, huruf Z tak ada dalam abjad Cyrillic yang dipakai Rusia. Memang ada huruf Rusia untuk bunyi pembacaan yang mirip dengan “Z,” namun wujudnya bukan huruf Z.

Nah, soal ini ada sejumlah tafsir. Ada yang bilang ini adalah simbol nama Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy. Ada juga yang bilang itu adalah kode wilayah asal pasukan yang dikirim ke Ukraina. Kamil Galeev, mantan peserta program Galina Starovoitova Fellow on Human Rights and Conflict Resolution di pusat  kajian kebijakan publik Wilson Center, seperti dikutip Insider, menyebut bahwa ada yang menafsirkan Z sebagai singkatan istilah Rusia “za pobedy” atau “kemenangan.” Tafsir lain lagi menyebut Z adalah singkatan “Zapad” atau “Barat” dalam bahasa Rusia, menunjukkan arah serbuan pasukan ke barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya