SOLOPOS.COM - Paulina Vega (eluniversal.com)

Solopos.com, BOGOTA — Pemberontak Kolombia mengundang Miss Universe 2014 Paulina Vega untuk menghadiri perundingan damai dengan pemerintah di Havana, Kuba.

Kelompok pemberontak Pasukan Angkatan Revolusioner Kolombia (FARC) mengundang Miss Universe 2014 itu dalam upaya mengakhiri 50 tahun pertempuran dengan pemerintah itu.

Promosi Perkuat Kapabilitas Digital, BRI Gandeng Tencent Cloud dan Hi Cloud Indonesia

Dilansir channelnewsasia.com, Minggu (8/2/2015), gadis berusia 22 tahun asal Barranquill, Kolombia yang dinobatkan sebagai Miss Universe 2014, Januari 2015 lalu, dalam sebuah wawancara sebelumnya, mengatakan bersedia melakukan perjalanan guna mendatangi perundingan damai tersebut. Mahasiswi Jurusan Bisnis dan model itu sebelum dinobatkan menjadi Miss Universe 2014 juga mengungkapkan keinginannya melihat perdamaian di Kolombia.

“Kami telah mengetahui keinginan Anda untuk berkontribusi melalui karya-karya terbaik untuk mencapai perdamaian. Kami salut kesediaan Anda untuk melakukan perjalanan ke Havana. Kami mengundang Anda untuk melakukan kunjungan,” ucap FARC dalam pernyataan di website mereka, Jumat (6/2/2015).

FARC tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai peran kunjungan Vega dalam membantu memajukan pembicaraan damai.  Sementara Vega saat berita ini dilansir belum memberikan respons atas undangan itu.

Pemberontak telah melakukan negosiasi dengan pemerintah sejak 2012. Dikutip dari Bbc. com, perwakilan dari kedua belah pihak yang berusaha untuk mencapai kesepakatan, namun perundingan di Havana, belum menemui titik terang. Sejauh ini kesepekatan yang tercapai diantaranya terkait reformasi pertanahan, partisipasi politik bagi mantan gerilyawan.

Sekitar 220.000 orang tewas sejak kelompok FARC meluncurkan  pemberontakan bersenjata pada 1964. Warga sipil menempati jumlah terbesar dari ratusan ribu korban tewas itu. Kondisi itulah yang membuat Vega, sebelum dinobatkan sebagai Miss Universe, berminat turut serta mendamaikan kedua kubu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya