SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, keluar dari Puri Gedeh setelah menggelar pertemuan tertutup selama 1 jam, Senin (3/4/2023). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, JAKARTA — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan membuat acara besar bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bentuk dukungan dirinya kepada bakal calon presiden dari PDIP itu.

Acara besar itu diungkapkan Gibran seusai memberikan klarifikasi soal pertemuannya dengan Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Angkringan Omah Semar, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada Jumat malam (19/5/2023).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Gibran menjalani klarifikasi di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023).

“(Gibran) tadi mengatakan kepada saya juga akan mengadakan acara bersama dengan Pak Ganjar Pranowo dengan massa yang jauh lebih besar,” ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Selasa (23/5/2023).

Menurut dia, acara tersebut akan mengundang massa yang lebih besar sebagai bagian dari tanggung jawab kepartaian untuk terus bergerak bersama rakyat.

Hasto melihat Gibran juga sepenuhnya mendukung keputusan PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres untuk berkonstelasi dalam Pemilu 2024 sehingga tidak ada tawar-menawar untuk mendukung bakal capres dari partai lain.

Meski begitu, kata Hasto, DPP PDIP tidak menetapkan sanksi melainkan hanya memberikan beberapa nasihat kepada Gibran terkait pertemuannya dengan Prabowo.

“Sudah diberikan nasihat-nasihat. Kami ini kan partai gotong royong, partai musyawarah, di situ berbeda. Tadi, Pak Komar (Komarudin Watubun), memberikan penjelasan, kalau sudah senior partai, kemudian tidak memahami perintah Ibu Ketua Umum, kebijakan partai itu lain persoalan,” tutur Hasto.

Sementara itu, Gibran mengakui dirinya sudah menjelaskan kronologi terkait pertemuannya dengan Prabowo Subianto.

“Saya sudah menjelaskan kronologi dari A sampai Z terkait pertemuan kemarin dan Alhamdulillah beliau-beliau dapat memahami itu,” kata Gibran di Jakarta, Senin.

Dia pun berterima kasih kepada semua elite partai yang telah memberikan nasihat dan dia juga menegaskan tetap tegak lurus dengan kebijakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait Pilpres 2024.

“Sekali lagi, terima kasih untuk masukan dan nasihatnya, dan sekali lagi saya sebagai kader PDI Perjuangan, sebagai kader muda, saya akan tetap tegak lurus sesuai arahan Ibu Ketua Umum,” ujar Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya