SOLOPOS.COM - Dubes RI di Rusia, Djauhari Oratmangun (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Dubes RI di Rusia, Djauhari Oratmangun (JIBI/SOLOPOS/Antara)

MOSKWA– Dubes RI di Rusia Djauhari Oratmangun mengatakan Indonesia siap menanamkan modal bagi pembangunan pabrik mie instan di negeri bekas komunis. Karena rakyat Rusia ternyata mulai gemar makanan khas masyarakat Asia khususnya orang Indonesia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Itu permintaan khusus dari Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin waktu kami bertemu. Ternyata mie instan juga sangat digemari di Rusia,” kata Djauhari di Moskwa, Sabtu (7/7/2012).

Menurut Djauhari, dalam pertemuan antara Indonesia-Rusia beberapa waktu lalu terjadi kesepakatan perdagangan antar dua negara. Rusia menawarkan mengekspor langsung gandumnya ke Indonesia dengan imbal balik ekspor minyak sawit bisa ditingkatkan ke negara itu. Indonesia melakukan investasi dengan membangun pabrik mie instan.

“Ini peluang besar bagi perusahaan mie instan Indonesia karena jumlah penduduk Rusia sangat besar. Kalau saya ke Indonesia saya akan ketemu dengan pembuat produk mie instan dan ajak mereka melihat potensi pasar di Rusia,” kata Djauhari.

Penduduk Rusia sekarang ini sekitar separuh dari total jumlah penduduk Indonesia. “Pasar mie instan sangat besar di sini [Rusia]. Peluang ini tidak boleh disia-siakan. Siapa pengusaha Indonesia yang tertarik bangun pabrik di Rusia, silakan hubungi KBRI Moskwa,” katanya.

Delegasi Indonesia pada World Media Summit yang berlangsung di gedung World Trade Center misalnya menemukan supermarket yang menjual aneka ragam mie instan dan tampak banyak dibeli warga setempat. Yang banyak dijual adalah merk Rolton dan Dosirak. Belum ada mie instan yang bermerk produk Indonesia. Harga mie instan di Rusia sekitar 30 rubel atau satu dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya