SOLOPOS.COM - Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho memberi keterangan tentang pengumuman SNBT dalam jumpa pers di Kantor UNS Solo, Selasa (20/6/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Terdapat 57 peserta Seleksi Nasional Berdasar Prestasi (SNBP) 2023 yang lolos di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tidak melakukan pendaftaran ulang.

Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho, menyebut total dari jalur SNBP terdapat 2.403 yang lolos seleksi. Sedangkan 2.79% atau 57 di antaranya mengundurkan diri. Terkait hal itu pihak kampus tidak akan mengeluarkan sanksi.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Secara khusus kami tidak mempunyai kebijakan untuk melakukan blacklist bagi mereka yang tidak daftar ulang di SNBP,” kata Jamal dalam jumpa pers di Gedung Rektorat UNS Solo, Selasa (20/6/2023).

Jamal memperkirakan beberapa alasan peserta yang memutuskan tidak melakukan pendaftaran ulang. Menurut dia, kemungkinan program studi (Prodi) yang dipilih tidak sesuai keinginan. “Juga ada kemungkinan diterima di perguruan tinggi ikatan dinas,” lanjut dia.

Meski begitu, Jamal memastikan kursi kosong tersebut bakal dialihkan ke jalur penerimaan mahasiswa baru lewat Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. 

“Sehingga kita tahu bahwa SNBP itu minimal 20%, SNBT itu minimal 30%. Sehingga kekosongan sejumlah 2.79% kita alihkan ke sana [jalur SNBT],” kata dia.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dia menegaskan tidak akan memberikan sanksi kepada sekolah meski terdapat alumninya tidak melakukan registrasi ulang. Meski begitu menurutnya hal itu merugikan pihak sekolah, kampus, dan peserta lain.

Senada, Kepala Unit Pelaksana Teknik (UPT) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Solo, Hadiwiyono, menyebut pihaknya sudah menyampaikan ke sekolah-sekolah terkait hal itu. 

Menurut dia, sekolah akan dirugikan jika ada alumninya tidak mengambil kesempatan kuliah di UNS Solo lewat jalur prestasi. “Itu kan berarti menghilangkan hak, seharusnya dia diterima tetapi malah mengundurkan diri,” kata dia.

Saat ini UNS masih akan membuka Seleksi Mandiri (SM) UNS ada jalur UTBK, Jalur Ujian Tulis, dan Jalur kelas internasional khusus untuk Prodi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan dan Manajemen. 

Total UNS Solo memutuskan daya tampung seleksi mandiri balk Program Diploma maupun Sarjana sebanyak 4.644 kursi.

Pendaftaran SM UNS dimulai 30 Mei hingga 23 Juni 2023. Sedangkan untuk informasi mengenai persyaratan dan tata cara SM UNS Tahun 2023 dapat dilihat pada laman http://spmb.uns.ac.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya