SOLOPOS.COM - Penumpang berjalan menuju pesawat MA-60 Merpati Nusantara di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Untuk meningkatkan pelayanan, Merpati membuka layanan city check in di sembilan kota besar Indonesia. (JIBI/SOLOPOS/R Bambang Aris Sasangka)

Penumpang berjalan menuju pesawat MA-60 Merpati Nusantara di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Untuk meningkatkan pelayanan, Merpati membuka layanan city check in di sembilan kota besar Indonesia. (JIBI/SOLOPOS/R Bambang Aris Sasangka)

JAKARTA – PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) meningkatkan pelayanan penumpang maskapai Merpati dengan membuka program city check in di 9 kantor perwakilan Merpati di kota-kota besar di Indonesia.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Sekertaris Perusahaan, Herry Saptanto, mengatakan pihaknya menerapkan program city check in di Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya, Denpasar , Mataram, Bima, Kupang dan Makassar. Herry menjelaskan pihaknya membukan layanan city check in agar dapat memberikan layanan kepada para pelanggan yang memiliki kesibukan cukup tinggi.

“Untuk memudahkan mereka dalam mengatur waktu perjalanannya, kami membuka pelayanan city check in dan tujuan lain agar meningkatkan load factor dan revenue dapat terealisasi dengan cepat,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (6/1/2013). Herry menjelaskan proses city check in ini dapat dilakukan pada H-1 atau satu hari sebelum keberangkatan dan jam pelayanan dari city check in disesuaikan dengan jam kerja kantor penjualan perwakilan.

Selain itu, tuturnya, proses city check in hanya dapat dilakukan dari kota keberangkatan sampai kota tujuan akhir untuk penerbangan di hari yang sama. Dia menambahkan proses city check in juga berlaku untuk rombongan penumpang (group booking). Namun, imbuhnya, untuk rombongan, setiap calon penumpang wajib menunjukkan identitas resmi seperti kartu tanpa penduduk (KTP), paspor atau Surat Ijin Mengemudi (SIM).

Dia mengungkapkan setiap penumpang yang telah melakukan city check in tetap berkewajiban untuk melapor kembali ke counter city check in dan tetap melakukan pembayaran airport tax di bandara keberangkatan. Layanan city check in, imbuhnya, hanya untuk melayani proses check in sedangkan pemberian boarding pass dan penanganan bagasi serta airport tax tetap dilakukan di bandara.

Dia menjelaskan penumpang yang boleh melakukan city check in hanya penumpang yang melakukan penerbangan dengan rute di dalam negeri. Menurutnya untuk menyukseskan program city check in, pihaknya juga meggandeng Marinir-TNI AL di Surabaya untuk mengadakan program kepemimpinan agar dapat meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja jajaran Direksi dan para karyawan Merpati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya