SOLOPOS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Menteri Susi Pudjiastuti menduduki peringkat pertama menteri yang paling disukai rakyat.

Solopos.com, JAKARTA – Setahun sudah, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjalankan perannya dibawah pimpinan Susi Pudjiastuti. Progres kinerja KKP dan gaya memimpin sang menteri ternyata menuai beragam apresiasi dari masyarakat.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Hal itu ditunjukkan dengan KKP mendapat apresiasi positif dari berbagai lembaga survei. Mayoritas lembaga survei menghimpun data didapat berdasarkan penilaian masyarakat terhadap kinerja kementerian, maupun gaya kepemimpinan sang menteri.

Seperti data yang dihimpun Lembaga Survei Indonesia (LSI) seperti dikutip Kkp.go.id, Jumat (6/11/2015), menunjukkan kinerja Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti adalah menteri pada Kabinet Kerja yang paling disukai publik. Adapun persentase yang diperoleh sebesar 61,1 persen, menempati posisi pertama. Kepuasan publik terhadap kinerjanya cukup tinggi. Tak hanya soal kebijakan, penampilan fisik dan gaya bahasa Susi menjadi alasan publik untuk menyukainya.

Hasil yang sama juga datang dari survei yang dilakukan Lembaga Survei Jakarta (LSJ) terkait satu tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Menteri Susi meraih peringkat pertama dari lima besar menteri yang paling banyak disukai publik. Sebanyak 64,3 persen responden menilai kinerja Susi cukup baik dalam setahun terakhir.

Survei LSJ dilakukan pada 27-31 Oktober 2015 di 15 kota besar di Indonesia. Penelitian dilakukan terhadap 831 responden berusia 17 tahun ke atas dan dilakukan secara acak. Adapun margin of error dalam penelitian ini lebih kurang sebesar 3,4 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Selain itu, berdasarkan hasil survei nasional yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), KKP yang dikomandoi Menteri Susi menempati urutan pertama sebagai kementerian yang paling disukai masyarakat. KKP menempati posisi kementerian yang dinilai terbaik oleh masyarakat dengan persentasi 27 persen. Survei yang dilakukan pada 25 Mei 2015 hingga 2 Juni 2015 tersebut menggunakan 1.220 responden yang merupakan warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam Pemilu.

Sejak menjadi Menteri pada 28 Oktober 2014 lalu, Susi sudah menarik perhatian masyarakat. Lembaga Klimatologi Politik (LKP) merilis hasil surveinya terkait rapor 10 menteri dalam Kabinet Kerja yang paling konsisten mengimplementasikan gagasan Presiden Joko Widodo. Dalam rilisnya, Susi adalah menteri ketiga yang mendapatkan skor dengan apresiasi bagus, mendapat prosentase 62,9 persen. Kajian akademik LKP dilakukan sejak 1 April 2015 dengan menggunakan metode media analisis dan pengamanan secara mendalam (in depth observation). Sedangkan data-data yang digunakan sebagai bahan analisis seperti surat kabar, majalah, online, televisi, adalah sejak 1 November 2014.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya