SOLOPOS.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kiri) meninjau lokasi longsor akibat gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) malam. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembersihan longsoran tanah pada badan jalan ruas Cianjur-Cipanas akibat gempa yang terjadi Senin (21/11/2022) dapat selesai Selasa (22/11/2022) siang ini sehingga jalur tersebut dapat kembali dibuka.

“Insya Allah pada Selasa 22 November 2022 siang sudah bisa diselesaikan pembersihan longsoran pada badan jalan,” kata Basuki di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Basuki mengatakan Kementerian PUPR telah memfokuskan penanganan tanah longsor akibat gempa sejak bencana itu terjadi pada Senin (22/11/2022).

Penanganan dilakukan dengan ekskavator dan truk ukuran besar (dump truck) yang dioperasikan untuk terus membersihkan pohon dan tanah yang menutup jalan pada ruas Cianjur-Cipanas.

Baca Juga: Bupati Cianjur Tetapkan Tanggap Darurat Gempa Selama 30 Hari

“Hingga pukul 01.45 WIB, Selasa, total alat berat bekerja dari dua sisi yang berbeda (sisi Cianjur di bagian selatan dan sisi Cipanas di bagian utara) adalah enam unit ekskavator dan enam unit dump trucks,” kata Basuki.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menambahkan ruas jalan yang tertutup longsoran tanah dari tebing sepanjang 140 meter di dua lokasi sudah dapat ditembus.

“Sekarang fokus kita pada pembersihan ruas jalan agar bisa dilalui dari dua arah, serta evakuasi jenazah yang ditemukan tertimbun longsoran,” kata Endra.

Baca Juga: Gempa Cianjur, Menteri Pendidikan Janji Cek Fasilitas Pendidikan dan Bantu Guru

Kementerian PUPR mengharapkan mobilisasi bantuan obat-obatan, tenaga medis, bahan pangan seperti makanan dan minuman dan sandang dapat menjadi lebih lancar setelah terbukanya jalur Cianjur-Cipanas.

Selain itu, Kementerian PUPR juga telah mengerahkan enam hidran umum, empat mobil tangki air dan enam toilet portabel yang sudah difungsikan di tenda-tenda pengungsian darurat, terutama di sekitar pendapa Kantor Bupati Cianjur dan RSUD Cianjur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya