SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok)

ilustrasi (dok)

SEMARANG--Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, mengatakan potensi sumber daya air yang melimpah di Tanah Air belum dimanfaatkan secara maksimal untuk energi listrik.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Indonesia katanya, memiliki potensi sumber daya air (SDA) berlimpah dengan jumlah total sekitar 3.200 miliar meter kubik per tahun yang tersebar dalam 7.956 sungai dan 521 danau.

“Potensi SDA ini merupakan nomor lima terbesar di dunia, di samping jumlah penduduk kita yang nomor empat terbesar di dunia,” katanya pada seminar nasional Bendungan Besar yang digelar Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar (KNI-BB) di Semarang, Rabu (25/4/2012).

Hanya saja lanjut Menteri PU, potensi SDA yang besar tersebut belum dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk penyediaan air bagi berbagai keperluan, seperti penyediaan irigasi, air baku untuk rumah tangga, perkotaan, dan industri serta penyediaan untuk energi listrik.

Padahal potensi daya air untuk tenaga listrik yang ada sekitar 75.000 mega watt  (MW)baru dapat dimanfaatkan sebesar sekitar 6%. Demikian pula untuk potensi daya air untuk energi micro hydro sebesar sekitar 500 MG.
Sedang untuk ketersediaan mantap baru dapat dimanfaatkan sekitar 25% yakni untuk penyediaan irigasi, air baku untuk rumah tangga, perkotaan, dan industri.

”Dari potensi kekayaan sumber daya air sebesar itu saat ini yang telah dikelola dengan baik sekitar 25 persen, sedang sisanya 75 persen sisanya turun begitu saja dari sungai dan mengalir ke laut,” tandasnya.

Untuk itu lanjut Djoko, perlu ditingkatkan pengelolaan sumber daya air yang efektif dan efisien guna menghindari terjadinya krisis energi dan air.
Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah yakni dengan membangun bendungan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang merupakan pemanfaatan energi baru dan terbarukan, khususnya tenaga air.

Pembangunan PLTA direncanakan di beberapa lokasi yakni Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya