SOLOPOS.COM - Sejumlah Bhabinkamtibmas Polsek Pasar Kliwon, Solo, membantu kalangan lansia menuju lokasi vaksinasi Covid-19, Rabu (23/2/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan angka positif dan penularan virus corona atau Covid-19 menurun di beberapa wilayah di Indonesia.

Menurut Budi, beberapa wilayah yang terkonfirmasi mulai terjadi penurunan angka positif dan penyebaran Covid 19 di antaranya adalah DKI Jakarta, Bali, Banten, Maluku, Nusa Tenggara Barat dan Papua.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Dia mengatakan bahwa penurunan angka positif dan penyebaran itu terjadi selama tiga pekan berturut-turut.

Baca Juga: Wilayah PPKM Level III Naik Menjadi 320 Kota/Kabupaten

“Jadi secara nasional kasus positif dan penyebaran sudah mulai terjadi penurunan di beberapa Provinsi dan itu sudah terkonfirmasi,” tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, dikutip Solopos.com dari Bisnis, Senin (28/2/2022).

Kendati demikian, Budi mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati. Pasalnya, kata Budi, masih ada beberapa wilayah yang angka penyebaran dan positif Covid-19 tetap mengalami peningkatan. Misalnya di Yogyakarya, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Riau dan beberapa wilayah di Sulawesi.

Baca Juga: PPKM Level 3 Soloraya, Sragen Akan Terapkan PTM 50 Persen Pekan Depan

“Yang masih meningkat itu di Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Kepulauan Riau dan Riau dengan beberapa wilayah di Sulawesi,” katanya.

Budi memprediksi angka positif dan penyebaran Covid-19 bakal menurun dalam beberapa pekan ke depan.

Pasalnya, menurut Budi, beberapa daerah yang memiliki jumlah penduduk besar seperti di Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta sudah mulai mengalami penurunan. “Dua pekan ke depan secara nasional juga bakal menurun,” ujarnya.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan penambahan kasus konfirmasi positif virus Corona (Covid-19) pada Minggu (27/2/2022) mencapai 34.976 orang.

Baca Juga: Khawatir Divonis Covid-19, Warga Pilih Minum Obat Dibanding ke Faskes

Dengan penambahan kasus tersebut, maka Satgas Penanganan Covid-19 mencatat total kasus positif sampai dengan hari ini menembus angka 5.539.394 orang.

Untuk kasus sembuh, Satgas mencatat adanya penambahan 39.384 orang sehingga total kasus sembauh menjadi 4.817.423 orang yang sembuh dari Covid-19.

Adapun, kasus meninggal akibat Covid-19 bertambah 229 orang pada hari ini sehingga totalnya telah menembus 148.073 orang.

Pada saat yang sama Satgas Penanganan Covid-19 juga mencatat kasus aktif per hari ini berkurang 4.637 sehingga totalnya menjadi 573.898 kasus.

Baca Juga: Waspada! Kasus Kematian Pasien Covid-19 di Sragen Terus Bertambah

Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 juga mencatat adanya 18.673 kasus suspek pada hari ini. Pada saat yang sama, jumlah spesimen harian terkait Covid-19 yang diperiksa pada hari ini mencapai 370.612.

Sementara itu, jumlah orang yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama mencapai 190.672.557, sedangkan penerima vaksin dosis kedua mencapai 143.778.623.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya