SOLOPOS.COM - Jero Wacik (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA– Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengaku pemerintah telah memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) cukup, menjelang perayaan Idul Fitri 1433 Hijriah.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Sektor ESDM telah mempersiapkan kebutuhan bahan bakar minyak, untuk premium cukup untuk 17 hari dan setiap saat dimonitor,” ujarJero Wacik di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (13/8/2012).

Untuk memastikan kesiapan pasokan bahan bakar minyak, Menteri ESDM mengatakan akan melakukan inspeksi kesiapan di Depo BBM Cikampek pada Selasa (14/7). Selain premium, Jero Wacik juga menjamin kesediaan sejumlah bahan bakar yang lain selama libur Lebaran 2012.

Bensin, kata dia, cukup untuk 75 hari, solar untuk 18 hari, pertamax dapat memenuhi kebutuhan selama 67 hari, pertamax plus untuk 65 hari sedangkan avtur cukup untuk 19 hari. Sementara itu pasokan LPG untuk kebutuhan rumah tangga cukup untuk 17,5 hari.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan imbauannya agar masyarakat tetap menghemat penggunaan listrik sekalipun kapasitas terpasang sebesar 24 ribu MW sedangkan beban puncak diperkirakan sebesar 19.400 MW.

“Jadi masih ada sisa tetapi saya tetap mengimbau untuk menghemat, …matikan AC kalau tidak dipakai,” katanya.

Pekan lalu, Menteri ESDM mengatakan bahwa pemerintah akan mengajukan tambahan kuota bahan bakar minyak bersubsidi sebesar 3-4 juta kiloliter ke DPR dalam waktu dekat karena konsumsi BBM bersubsidi sampai akhir tahun 2012 diperkirakan melebihi target APBN yang ditetapkan sebesar 40 juta kiloliter.

Menurut dia, sampai Juni 2012, konsumsi BBM sudah mencapai 21,7 juta kiloliter. “Jadi, saya perkirakan antara 43-44 juta kiloliter,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya