SOLOPOS.COM - Menteri Sosial Tri Rismaharini di Jakarta, Jumat (2/9/2022). (ANTARA/HO-Kemensos)

Solopos.com, JAKARTAMenteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan bantuan langsung tunai (BLT) BBM sudah siap dikucurkan ke 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Hal tersebut disampaikan Risma dalam Rapat Koordinasi TPID secara virtual, Senin (5/9/2022).

Risma menuturkan, sesuai dengan perjanjian antara pemerintah dengan PT Pos Indonesia, bantuan akan disalurkan langsung ke penerima. Namun, bagi penerima yang ingin langsung datang ke kantor Pos, tetap dipersilahkan untuk datang mengambil bantuan.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Namun apabila tidak,  maka PT Pos Indonesia akan mengantar [bansos] ke rumah masing-masing. Yang sakit,  yang disabilitas, yang tua, bahkan yang  di gunung-gunung terutama di daerah Kalimantan, NTT, dan juga Papua Barat, kalau sulit maka kami akan carter pesawat untuk membagi di tempat-tempat yang sulit untuk  diakses,” kata Risma.

Baca juga Sri Mulyani Gembar-Gemborkan Anggaran Subsidi BBM Rp336 Triliun

Risma juga melaporkan, mulai Sabtu kemarin (3/9/2022) Kementerian Sosial telah menyalurkan BLT BBM melalui PT Pos Indonesia di 34 provinsi. Dia menuturkan, BLT BBM diberikan kepada 20,6 juta keluarga penerima manfaat (KPM), dengan total bantuan mencapai Rp12,4 triliun.

Pemerintah nantinya memberikan Rp150.000 per bulan selama 4 bulan, di mana bantuan akan digabung sehingga diberikan sebanyak dua kali, yakni September sebesar Rp300.000 dan awal Desember Rp300.000 sehingga bantuan total yang diterima tiap keluarga adalah Rp600.000.

Rencananya, pada Rabu mendatang (7/9/2022) Kementerian Sosial akan menyalurkan bansos di 450 kabupaten/kota, sekaligus mencairkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/sembako untuk periode September. Sehingga, lanjut Risma, selain mencairkan BLT Minyak Goreng sebesar Rp300.000, PT Pos Indonesia juga akan mencairkan BPNT/sembako senilai Rp200.000.

Baca Juga Pertamina?Klaim Harga Pertamax Kompetitif Meski Naik Jadi Rp14.500

“Jadi penerima manfaat akan menerima Rp500.000 pada September,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Mensos Risma: 18,8 Juta KPM Siap Terima BLT BBM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya