SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Olahraga jalan kaki sebenarnya olahraga yang paling mudah untuk dilakukan. Selain karena tidak perlu mengeluarkan biaya, olah raga ini juga tidak memerlukan peralatan dan tempat khusus.

Namun sayang, dengan segala kemudahannya itu justru kebanyakan orang jarang sekali yang menggemarinya. Padahal dibandingkan olahraga lainnya, berjalan kaki adalah olahraga yang paling menyehatkan dan tidak rawan.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Dengan adanya kegiatan World Walking Day (Hari Berjalan Kaki Sedunia) yang berlangsung hari ini di seputaran Jalan MH Thamrin, Minggu (10/10), Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng berharap kegiatan ini tetap dilaksankan secara berkala setiap tahun.

“Hari Jalan Kaki Sedunia ini merupakan hari yang harus digalakkan untuk melestarikan olah raga jalan kaki,” ujar Andi.

“Kita tahu olahraga jalan kaki ini mudah, murah, meriah dan pasti bermanfaat. Selain itu bisa dilakukan oleh semua umur, baik laki atau pun perempuan,” katanya.

Untuk kebugaran badan di tengah hiruk pikuk ibukota, Andi yakin olahraga ini bisa menjadi alternatif pilihan. Dengan begitu kualitas manusia dalam bekerja pun bisa meningkat.

“Kebugaran merupakan hal penting untuk meningkatkan kualitas bangsa dan menjadikan bangsa ini kuat,” imbuh pria kelahiran Makassar ini.

“Karena itu mari sekali lagi kita galakkan Hari Jalan Kaki Sedunia di Indonesia,” ajak Andi.

Tak hanya menjadikan jalan kaki sebagai kegiatan nasional di Indonesia, Andi juga mendukung langkah pemerintah daerah yang memberlakukan hari bebas kendaraan (car free day) di beberapa ruas jalan protokol.

Dengan car free day itu, paling tidak masyarakat tidak ada alasan untuk malas berolahraga karena keterbatasan tempat.

Dia pun berharap pemerintah daerah ke depan lebih memperhatikan sarana untuk kebutuhan berolahraga masyarakat.

“Saya harap alun-alun atau lapangan dilestarikan, jangan lagi alih fungsi jadi perumahan, ruko dan sebagainya,” harapnya.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya