SOLOPOS.COM - Menko PMK, Muhadjir Effendi. (Solopos.com-Antara)

Solopos.com, DENPASARPresiden Joko Widodo telah menunjuk pengganti sementara Zainudin Amali untuk menjalankan tugas sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora)  yang telah mengundurkan diri.

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menpora.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Presiden Jokowi saat ditemui di sela-sela kegiatannya di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin (13/4/2023), menyampaikan sejauh ini belum menentukan pengganti definitif Menpora Zainudin Amali.

“Penggantinya ditunggu saja, nanti segera kami putuskan. Sekarang, [jabatan Menpora] sudah di-Plt-kan ke Pak Menko PMK,” kata Jokowi dikutip dari Antara.

Dia juga menyampaikan dirinya dan Zainudin Amali sudah bertemu pada Senin pagi. Sebelumnya, mantan Menpora Zainudin Amali menyerahkan surat pengunduran diri kepada Sekretariat Negara. Presiden Jokowi mengaku sudah menyetujui pengunduran diri Zainudin.

“Surat pengunduran diri di Setneg, tadi saya sudah menyetujui,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Zainudin Amali menyatakan sudah resmi mengundurkan diri sebagai Menpora sehingga kini tinggal menunggu penunjukan penggantinya.

Dia menyerahkan surat pengunduran diri kepada Menteri Sekretariat Negara Pratikno pada Kamis (9/3/2023) lalu.

Zainudin Amali mengundurkan diri karena ingin fokus mengurus PSSI. Pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI Februari lalu dia terpilih sebagai Wakil Ketua Umum I PSSI.

Politisi Partai Golkar itu pun juga telah mengumumkan dia tidak lagi menjabat sebagai Menpora saat meninjau persiapan Piala Dunia U20 di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin.

“Pagi hari ini saya sudah ketemu beliau. Beliau menyampaikan sudah menerima surat, diizinkan untuk mundur dari Menpora,” kata Zainudin Amali saat mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Ia menegaskan kembali alasannya mundur karena ingin fokus mengurus sepak bola Indonesia. Oleh karena itu, Zainudin Amali pun meminta media tidak bertanya kepadanya mengenai persoalan di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Saya akan konsentrasi dan fokus mengurus PSSI bersama Pak Erick Thohir [Ketua Umum PSSI] dan pengurus lainnya. Kami akan fokus urus sepak bola. Per hari ini saya mohon ke teman-teman tidak pertanyaan lagi tentang itu [kejelasan jabatan Menpora],” kata Zainudin.

Dengan demikian, kini publik menanti siapa yang bakal ditunjuk Presiden Jokowi sebagai pengganti Zainudin Amali sebagai Menpora.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya