SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan bahwa tingginya inflasi pada Januari 2010 disebabkan karena faktor musiman sebelum memasuki masa panen.

“Ini musiman karena ada kenaikan harga beras, tapi sekarang sudah mulai turun lagi. Ini gejala musiman,” kata Hatta di Jakarta, Senin (1/2).

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Ia menyebutkan, begitu memasuki masa panen maka harga beras akan stabil kembali dan laju inflasi akan turun. “Secara year on year, kita tetap optimis inflasi tetap terjaga sebesar 5,0 persen sepanjang 2010,” kata Hatta.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada Januari 2010 terjadi inflasi sebesar 0,84 persen. Dari 66 kota, seluruh kota mengalami inflasi di mana tertinggi di Maumere 3,56 persen dan terendah di Palu dan Sorong sebesar 0,12 persen.

Laju inflasi tahun kalender Januari 2010 sebesar 0,84 persen dan laju inflasi year on year pada Januari 2010 sebesar 3,72 persen.

Sementara itu mengenai kinerja ekspor, Hatta mengatakan, kuartal IV 2009 menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.

“Kita lihat pada kuartal IV ada kecenderungan naik sehingga kita yakin ekspor pada 2010 akan membaik,” katanya.

Ia mengharapkan, adanya perjanjian perdagangan bebas (FTA) akan mendorong pertumbuhan ekspor Indonesia.

“FTA harus juga dilihat sisi positifnya. Potensi gangguan kita jaga, kita harus lihat ini sebaga peluang untuk meningkatkan kinerja,” katanya.

ant/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya