SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan terdapat kemungkinan penggunaan mekanisme APBN Perubahan pada tahun 2010 jika terdapat hal-hal yang sangat terdeviasi (berbeda) dengan yang diasumsikan atau dikalkulasi dalam APBN 2010.

“Dalam hal ini pemerintah dan DPR bisa melihat apakah perubahan itu memberikan dampak pada seluruh postur APBN atau beberapa elemen saja,” kata Menkeu di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Senin.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

APBN 2010 sudah menyediakan dana cadangan resiko fiskal sebesar Rp8,6 triliun untuk mengantisipasi kemungkinan adanya perbedaan berbagai asumsi APBN 2010 dengan perkembangan yang terjadi.

“Namanya cadangan risiko fiskal bisa lebih tinggi, bisa juga lebih rendah. Ini berkaitan dengan berbagai asumsi dalam APBN seperti kurs, harga minyak, inflasi, dan growth,” katanya.

Ia menyebutkan, dana cadangan resiko fiskal memang mewadahi adanya kemungkinaan perbedaan asumsi dengan perkembangan yang terjadi.

“Walaupun pemerintah dan DPR membuat asumsi/prediksi seakurat dan setepat mungkin dalam menyusun APBN, akan selalu muncul hal-hal yang tidak bisa 100 persen dipredikasi,” katanya.

Yang juga perlu mendapatkan perhatian adalah perkiraan bahwa pada 2010 akan terjadi pemulihan ekonomi. Namun seberapa cepat, bagaimana implikasinya terhadap pertumbuhan ekonomi, inflasi, suku bunga, dan nilai tukar, merupakan prediksi yang perlu diperhatikan.

“Pemerintah dan DPR akan selalu melakukan observasi pelaksanaan anggaran. Kalau ada hal yang sangat terdeviasi dari APBN 2010, kan nanti ada mekanisme APBN Perubahan,” katanya.

Ia menyebutkan, pada akhirnya tidak hanya pemerintah, tetapi perekonomian juga menghendaki suatu APBN yang relatif stabil.

“Perekonomian juga menghendaki suatu APBN yang relatif stabil dan predictable sehingga kegiatan perekonomian dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” katanya.
Ant/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya