SOLOPOS.COM - Menhub Freddy Numberi

Menhub Freddy Numberi

Jakarta (Solopos.com)– Menteri Perhubungan (Menhub) Freddy Numberi meminta pilot pesawat perintis harus berani mengambil keputusan untuk membatalkan atau menunda penerbangan bila cuaca tidak memungkinkan.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Pilot tidak perlu mendengarkan desakan penumpang yang ingin pesawat tetap terbang dalam cuaca buruk.”Kalau cuaca jelek, dia harus memutuskan untuk tidak terbang. Memang nanti masyarakat komplain, nggak usah didengar,” ujar Menhub.

Hal itu dikatakan Freddy di Kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (4/10/2011). Freddy ditanya tentang evaluasi penerbangan perintis menyusul terjadinya kecelakaan pesawat Cassa 212 di bukit Hulusekelem, Bahorok, Langkat, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

Freddy mengatakan, pilot pesawat jenis perintis harus berani membatalkan penerbangan bila cuaca tidak memungkinkan secara visual. Apalagi, bila pesawat tidak dilengkapi dengan peralatan atau perlengkapan yang membantu. Kekurangan peralatan sangat membahayakan keselamatan penerbangan.

Ia melanjutkan, Kemenhub akan mengevaluasi pilot-pilot pesawat perintis. Mereka juga akan diberi pelatihan lagi guna mengurangi risiko terjadinya kecelakaan pesawat.

Menurut Freddy, evaluasi itu juga akan menyentuh jalur pesawat perintis di daerah-daerah yang sangat kritis. Dijelaskan dia, jalur perintis perlu diubah supaya insiden kecelakaan dapat dihindari. Demikian pula terhadap pesawat itu sendiri, pesawat harus betul-betul dicek kesiapannya sebelum take off. dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya