SOLOPOS.COM - Foto arsip Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menunaikan ibadah shalat Iduladha di Stadion Gelora Mandalamukti Bersatu, Bandung, Jawa Barat, pada 29 Juni 2023. (Antara/HO-Biro Humas Setjen Kemhan RI)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto berkurban total 145 ekor sapi yang disebar ke beberapa wilayah di Indonesia untuk memperingati Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, Senin (17/6/2024).

Dari jumlah itu, 89 ekor di antaranya disalurkan langsung ke para ulama, habib, organisasi massa berbasis Islam, pesantren-pesantren, dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM). Sementara itu, di sekitar kediamannya di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Prabowo menyalurkan 38 ekor sapi yang disembelih. Daging dari 38 ekor sapi itu disalurkan untuk masyarakat setempat dan desa-desa sekitarnya.

Promosi Kisah AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan Bantu Warga di Sumbawa Besar

Bagi Prabowo, sebagaimana dikutip dalam siaran resminya di Jakarta, Hari Raya Iduladha menjadi momen untuk berbagi kebahagiaan sekaligus merenungkan kembali keikhlasan dan keteladanan lainnya yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim A.S. dan Nabi Ismail A.S.

Prabowo pada peringatan Hari Raya Iduladha tahun ini memilih Shalat Iduladha di Masjid Nurul Wathan, yang berada di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Kabupaten Bogor. Di masjid yang berada di kompleks kediamannya itu, Prabowo salat bersama kerabat, jajaran asisten pribadi-nya, sejawat, dan masyarakat di Hambalang.

Seusai menunaikan ibadah Salat Id, Prabowo menyapa warga dan bersalam-salaman dengan mereka. Beberapa warga, termasuk kelompok ibu-ibu, pun memanfaatkan pertemuannya dengan Prabowo untuk berfoto bersama. Beberapa anak-anak yang shalat bersama dengan Prabowo juga memanfaatkan momen itu untuk bersalaman dengan presiden terpilih.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha menyampaikan informasi itu saat dia dihubungi di Jakarta, Senin.

“Bapak Menhan melaksanakan salat Idul Adha di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,” kata Edwin seperti dilansir Antaranews.

Di Hambalang, Prabowo menunaikan ibadah salat Iduladha bersama kerabat dan jajaran asisten pribadinya, dan masyarakat di sekitar Hambalang.

Tidak hanya menyalurkan hewan kurban untuk masyarakat di Hambalang, Prabowo juga menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi seberat 1,2 ton ke Masjid Istiqlal Jakarta.

Kemudian, Prabowo juga menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi seberat 1 ton ke Masjid Raya Medan, Sumatra Utara. Hewan-hewan kurban itu bakal disembelih di tempat masing-masing pada hari pertama Iduladha, Senin.

Sementara itu, pejabat bidang pertahanan dan keamanan lainnya, seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Hadi Tjahjanto juga memilih menunaikan ibadah salat Iduladha di sekitar kediamannya di Jakarta. Hadi menunaikan ibadah salat Idul Adha bersama keluarga dan jajaran perangkatnya di Kemenko Polhukam RI.

Kemudian, Presiden RI Joko Widodo salat Iduladha di kawasan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Senin. Sejumlah pejabat mendampingi ibadah salat Iduladha Kepala Negara, di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, Kepala LKPP Hendrar Prihadi, serta Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

Dalam rangkaian ibadah itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari bertugas sebagai khatib shalat Idul Adha bersama Presiden RI di Simpang Lima.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya