SOLOPOS.COM - Ilustrasi Museum Uang di Purbalingga. (Instagram)

Solopos.com, PURBALINGGA — Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah (Jateng), memang memiliki segudang daya tarik wisata. Salah satunya adalah wisata edukasi yakni Museum Uang yang terletak di Jalan Raya Reptil, Dusun II Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga.

Museum Uang ini terletak satu kompleks dengan kaawasan wisata Sanggaluri Park. Keunikaan museum ini tak lain adalah daftar koleksinya yang cukup lengkap.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Pengunjung yang datang ke Museum Uang di Purbalingga ini akan disuguhi berbagai koleksi uang, mulai dari yang kuno hingga zaman sekarang. Bahkan, museum ini juga menyimpan alat tukar pembayaran atau uang yang digunakan pada zaman Kerajaan Majapahit hingga Hindia Belanda.

Dikutip dari berbagai sumber, Museum Uang Purbalingga juga memiliki berbagai jenis uang yang pernah diedarkan di Indonesia. Seperti uang koin kuno, uang kertas tersimpan rapi sesuai urutan pengeluarannya. Museum Uang Purbalingga tidak hanya menyimpan uang dari Indonesia, tetapi juga koleksi uang kertas dan koin dari sekitar 183 negara. Selain itu, museum ini juga menyimpan uang dari negara Yugoslavia, sebelum pecah menjadi beberapa negara pada tahun 2003 silam.

Museum Uang Purbalingga tidak hanya mengoleksi mata uang dari berbagai zaman dan negara, tetapi juga memiliki beberapa koleksi perangko. Koleksi perangko yang ada tidak hanya dari Indonesia saja, melainkan beberapa perangko yang juga pernah digunakan di berbagai negara. Bahkan ada juga sebuah telepon klasik yang digunakan pada zaman dahulu, serta ada pula beberapa koleksi vintage lain yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Museum Uang ternyata juga ada di beberapa daerah lain bukan hanya di Kabupaten Purbalingga saja, melainkan ada pula di Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Dengan mengunjungi sebuah museum, pengunjung tentunya dapat menambah pemahaman dan wawasan tentang berbagai hal yang sebelumnya belum diketahui. Berkunjung ke Museum Uang Purbalingga setidaknya juga bisa menghilangkan dampak penggunaan gadget yang terus-menerus di zaman sekarang ini. Hal ini karena Museum Uang akan mengajak pengunjung menikmati wisata edukasi yang sangat menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya