SOLOPOS.COM - Pesawat TNI AU C-130J-30 Super Hercules A-1339 menjalani tradisi water salute setibanya di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (6/3/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha).

Solopos.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) memuji Pesawat TNI Angkatan Udara C-130J-30 Super Hercules A-1339 yang baru saja diterima di Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Dia menyebut pesawat baru TNI Angkatan Udara itu canggih. Pesawat itu dibekali empat mesin turboprop Rolls-Royce AE 2100D yang berkekuatan 4.700 tenaga kuda dan mampu mencapai kecepatan puncak 660 km/jam pada ketinggian 6.706 meter.

Promosi BRI Imbau Masyarakat Tidak Mudah Terpancing Isu Uang Hilang di Medsos

Pesawat Super Hercules memiliki dimensi kompartemen kargo sepanjang 16,9 meter, lebar 3,12 meter, dan tinggi 2,74 meter serta kapasitas angkut 20 ton.

Ruangannya mampu menampung delapan palet atau 97 tandu, 128 pasukan tempur, serta 92 pasukan terjun payung.

Pesawat Super Hercules dibekali dengan sejumlah fitur, di antaranya aspek peningkatan perlindungan bahan bakar dan sistem penanganan kargo yang ditingkatkan.

Presiden menyebut pemerintah memesan lima unit pesawat Super Hercules dari Lockheed Martin di Marietta, Georgia, Amerika Serikat. Empat unit dijadwalkan datang pada tahun ini, sedangkan satu unit lainnya datang pada Januari 2024.

Dikutip dari Bisnis.com, pesawat Super Hercules C-130J memiliki dua sistem deteksi rudal yakni AN/AAR-47 Missile Warning System dan AN/ALR-56M Radar Warning System.

Pada beberapa tipe pesawat Hercules sebelumnya, sistem deteksi rudal tersebut belum diaplikasikan langsung alias harus melalui modifikasi.

Akan tetapi khusus untuk C-130J, sistem rudal sudah disematkan langsung oleh pabrikan. Bisa dikatakan Super Hercules C-130J ini bukan pesawat pengangkut barang sembarangan.

Di Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) misalnya, penerbang C-130H harus mendapat pelatihan khusus sebelum menerbangkan C-130J.

Dua sensor peralatan pertahanan yang dimiliki pada C13J ditempatkan di dekat nose dan ujung ekor.

Sebagai informasi, AN/AAR-47 Missile Warning System merupakan sistem pertahanan yang berguna untuk mendeteksi rudal. AN/AAR-47 adalah Sistem Peringatan Rudal Elektro-Optik pasif yang dirancang untuk memberikan peringatan rudal permukaan ke udara (SAMS) dan meneruskan informasi ke sistem penanggulangan.

Sistem pertahanan ini memang sering disematkan pada pesawat angkut. Jika ada ancaman rudal yang mendekat, AAR-47 Missile Approach Warning System (MAWS) memperingatkan ancaman pendekatan rudal.

Ini akan memungkinkan pilot bermanuver mengelak dari serangan rudal tersebut. Sistem AN/AAR-47 mirip dengan AN/AAR-44, tetapi alih-alih unit sensor berputar, ia menggunakan empat sensor IR yang terletak di empat kuadran di Pesawat.

AAR-47 adalah sistem peringatan pendekatan rudal pasif yang terdiri empat empat rakitan sensor yang ditempatkan di dua atau lebih kubah sensor, unit pemrosesan pusat, dan indikator kontrol.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ngeri! Super Hercules C-130J Milik TNI AU Dilengkapi dengan Sistem Deteksi Rudal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya