SOLOPOS.COM - Masjid At Taufiq yang berlokasi di seberang Kantor DPP PDIP di Lenteng Agung mencirikan rumah adat di Sumatra Selatan. (Youtube)

Solopos.com, JAKARTA — Sebuah masjid unik berdiri di seberang Kantor DPP PDIP di Jl. Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Masjid bernama At Taufiq itu dipersembahkan Ketua DPR, Puan Maharani, untuk mengenang almarhum ayahnya, Taufiq Kiemas.

“Saya sampaikan kepada ibu, ini di depan kantor kan biasanya untuk parkir dan bazar. Saya usulkan, kenapa tidak dibangun masjid di sini,” kata Puan dalam keterangannya yang dikutip Solopos.com dari Antara, Minggu (3/4/2022).

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

lantai bawah Masjid At Taufiq
Bagian dari aula di lantai 1 Masjid At Taufiq yang bisa dipakai berkegiatan 1.000 orang. (Youtube)

Peletakan batu pertama atau groundbreaking sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid At Taufiq dilakukan pada 8 Juni 2018 lalu, bertepatan dengan lima tahun wafatnya almarhum Taufiq Kiemas.

Baca Juga: Puan Maharani Persembahkan Masjid At Taufiq untuk Mendiang Ayah

Puan menyatakan pembangunan masjid itu merupakan inisiatifnya. Beberapa waktu setelah Taufiq Kiemas meninggal dunia, Puan menyampaikan idenya itu kepada sang ibu, Megawati Soekarnoputri.

Megawati pun langsung menyetujuinya. Puan akhirnya mengeksekusi pembangunan masjid itu dengan harapan tak hanya menjadi sekedar tempat ibadah, namun juga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan sosial.

“Karena sekarang ini, musala (di sekitar lokasi) tidak cukup menampung. Juga misalnya ketika Salat Id, saya melihat belum representatif. Makanya ini saya sampaikan kepada Ibu Mega, waktu saya sampaikan, Ibu Mega bilang: Ya sudah, kamu yang urus,” katanya.

Baca Juga: Kisah Hidup Taufiq Kiemas Jadi Film Biopik

Selain mengenang almarhum ayahnya, Taufiq Kiemas, masjid itu juga dibangun agar umat muslim di sekitar lokasi bisa memiliki tambahan tempat ibadah yang representatif. Megawati dan dirinya, kata Puan, sejak dulu menaruh perhatian pada umat islam. Hal itu bisa dilihat, salah satunya dari pembangunan Masjid At Taufiq.

bagian lantai 1 masjid at taufiq
Bagian dari aula di Lantai 1 Masjid At Taufiq yang mampu menampung 1.000 orang. (Youtube)

Puan pun berharap Masjid At Taufiq ini bisa menjadi tempat ibadah dan berkegiatan bagi warga Lenteng Agung dan sekitarnya. “Insyaallah masjid ini akan bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi dan Dubes China Hadiri 40 Hari Wafatnya Ketua MPR

Kini, Masjid At Taufiq sudah berdiri kokoh di Jalan Raya Lenteng Agung dan dikelola Baitul Muslimin Indonesia. Luas bangunan 1.829 m2 sedangkan luas tanah 2.985 m2.

Yang unik dari masjid tersebut adalah bentuk bangunannya yang menyerupai rumah adat Sumatra Selatan yang merupakan kampung halaman almarhum Taufiq Kiemas.

lantai 2 Masjid At Taufiq
Lantai 2 Masjid At Taufiq diperuntukkan sebagai tempat salat dan mampu menampung 500 jemaah. (Youtube)

Lantai 1 Masjid At Taufiq memiliki aula besar yang bisa memuat hingga 1.000 orang, kantor dan tempat wudhu. Aula tersebut sering digunakan untuk berbagai acara yang mengundang banyak orang.

Aula bisa digunakan untuk berbagai kegiatan sosial, termasuk juga untuk resepsi pernikahan. Kemudian, tempat salat ada di lantai 2 dengan kapasitas 500 jemaah. Masjid itu pun menjadi andalan bagi warga sekitar untuk beribadah maupun sebagai tempat menggelar acara sosial.

Baca Juga: Ratusan Warga Indonesia di Singapura Antar Jenazah Taufiq Kiemas

Pada Juni tahun 2021 lalu, masjid itu juga digunakan sebagai tempat acara tahlilan untuk memperingati sewindu atau delapan tahun kepergian almarhum Taufiq Kiemas. Puan memberikan ucapan sambutan dalam acara tahlilan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya