SOLOPOS.COM - Mendagri Tjahjo Kumolo (Kemendagri.go.id)

Mendagri Tjahjo Kumolo merasa prihatin dengan masalah radikalisme dan terorisme.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengusulkan Kepolisian Indonesia kembali menggalakkan kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang dulu digalakkan Orde Baru kepada warga.

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

Hal itu diusulkan Mendagri terkait upaya menangkal ancaman radikalisme dan terorisme. Menurut dia, seluruh tamu atau orang asing yang menginap di lingkungan tertentu harus melaporkan diri ke RT/RW.

“Kita perlu kembali menggerakkan ‘pemolisian’ di tingkat RT/RW. Kalau ada yang menginap lapor. Ini yang sudah mulai memudar,” ujar dia dalam pidatonya di acara apel pagi bersama jajaran staf Kementerian Dalam Negeri, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (3/7/2017).

Tjahjo menambahkan ancaman radikalisme dan terorisme sulit dideteksi sehingga setiap pihak harus mencermati segala perkembangan dinamika dan meningkatkan kewaspadaan.

“Ancaman bangsa ini yakni masalah radikalisme dan terorisme yang memorak-porandakan kehidupan berbangsa kita, sudah tidak bisa kita deteksi dengan baik, siapa kawan dan lawan sulit dilihat dengan jelas. Bayangkan salat saja ternyata ada yang mengancam,” kata dia.

Menurut Mendagri, teror terhadap aparatur pemerintah termasuk pegawai negeri sipil maupun polisi sama saja dengan melawan negara. Tjahjo Kumolo meminta setiap pihak mengerti prinsip itu.

Dia menilai profesionalisme jajaran Polri sudah semakin meningkat, di mana tingkat disiplin yang diterapkan polisi sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan anggota Polri dalam menjaga kamtibmas.

“Profesionalisme dan disiplin anggota Polri sekarang akan sangat berpengaruh terhadap ketegasan penindakan hukum oleh Kepolisian Indonesia tanpa pandang bulu demi menjaga keamanan dan ketertiban serta melindungi masyarakat,” ungkap Mendagri.

Namun demikian, kata dia, keberhasilan kepolisian juga harus didukung informasi keterbukaan dan keberanian masyarakat menyampaikan informasi kepada kepolisian atas semua gelagat dinamika yang ada di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya