SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi bersama rombongan berjalan mengecek lapangan yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus, di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024). (Biro Pers Setpres/Rusman)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebutkan aparatur sipil negara (ASN) yang ingin cepat naik jabatan harus mau pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Tito membandingkan kehidupan di Jakarta dengan IKN. Dia mengakui belum banyak fasilitas di IKN seperti di Jakarta, sehingga ada insentif untuk ASN yang mau pindah ke ibu kota negara yang baru itu.

Promosi Fantastis! Setoran BRI untuk Kas Negara Tembus Rp192,06 Triliun

“Saya berpendapat begitu [yang mau cepat naik jabatan pindah ke IKN], karena kan di Jakarta kan semua nikmat, ada mall ada ini ada itu. Semua fasilitas banyak, di seberang sana kan tempat yang fasilitas kalau di IKN-nya baru sebagian dibangun,” ujar Tito di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024).

Di samping itu, dia merasa banyak kelebihan IKN daripada Jakarta. Menurutnya, udara IKN jauh lebih sehat daripada Jakarta.

Tak hanya itu, lanjutnya, wisata alam juga melimpah di sekitar IKN. Menurutnya, jika jalan tol sudah selesai maka hanya perlu waktu 30-40 menit ke Kota Balikpapan yang fasilitas sudah lengkap.

Tito juga mengaku sudah menanyakan sejumlah bawahannya yang ingin ikut ke IKN. Dia mengeklaim, hampir semua bawahannya yang belum memiliki anak mau pindah ke IKN.

“Jadi saya melihat staf saya di Kemendagri, banyak yang mau ikut dan rebutan, apalagi dikasih insentif, anggaran, insentif promosi, rebutan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan 12 rumah susun (rusun) untuk ASN di IKN akan rampung pada Juli 2024.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjelaskan rencana pemindahan ASN akan dilakukan usai Upacara HUT ke-79 RI rampung digelar. Pasalnya, rusun ASN akan digunakan terlebih dahulu sebagai hunian bagi para peserta upacara di IKN.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Mendagri Tito: ASN Ingin Naik Pangkat Wajib Pindah IKN” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya