SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandung (Espos)–Mantan Presiden RI yang juga Ketua DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri, meminta  Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan untuk memprioritaskan penanganan banjir yang kerap terjadi di wilayah setempat.
“Kebetulan Pak Gubernur datang dan saya sebagai mantan Presiden RI sangat ingin menyampaikan hal ini karena permasalahan banjir khususnya di Jakarta seringkali dikaitkan dengan kiriman dari Jawa Barat,” katanya pada pembukaan Konferensi Daerah (Konferda) III DPD PDIP Jawa Barat di Kuningan, Minggu (21/2).
Menurut Megawati, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo selalu mengatakan bahwa banjir yang terjadi akibat kiriman dari Jabar. “Pernyataan Pak Fauzi Bowo tersebut mengingatkan saya pada Gubernur DKI, Ali Sadikin beberapa tahun lampau yang juga marah-marah kepada Gubernur Jabar saat itu Aang Kunaefi,” tuturnya.
Saat itu Pak Aang menolak untuk menerima bantuan pohon dari DKI Jakarta padahal kerusakan alam lah penyebab terjadinya banjir. “Waktu itu Pak Ali berkata kunaon ini. Saya berkesimpulan jika permasalahan banjir kiriman ini yang selalu dikaitkan dengan Jabar masih belum terselesaikan,” ucap Megawati.
Selain banjir, lanjutnya, keruwetan yang terjadi di Kota Bandung akibat masuknya sejumlah kendaraan dari Jakarta menjadi pekerjaan rumah untuk gubernur bertambah.
“Mungkin ini gara-gara saya membuat jalan tol Cipularang pada waktu itu sehingga jarak Bandung-Jakarta bisa dua jam saja,” katanya.
Mega juga berpesan bahwa Jawa Barat harus memanfaatkan para ahli yang berada di Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk mempelajari lempengan dan patahan yang berada di Bandung Utara.
“Di daerah Setiabudi keatas itu daerah rawan gempa, sebaiknya pelajari itu Pak Gubernur karena sangat berbahaya,” katanya lagi.
Istri Taufik Kiemas tersebut meminta kepada Gubernur Jawa Barat dan juga Ketua DPRD Jabar, Irfan Suryanagara untuk mempelajari seluruh pekerjaan rumah tersebut. “Ini saya sebagai mantan Presiden lho,” ujarnya sambil tersenyum.
Dalam acara Konferda III PDI Perjuangan Jawa Barat tersebut hadir para pimpinan DPRD Jabar, anggota DPR RI asal daerah pemilihan Jabar dan anggota DPRD provinsi, kabupaten dan kota.
Megawati juga disebut sebagai calon satu-satunya untuk jabatan ketua umum periode selanjutnya yang akan dipilih dalam kongres nasional, 4 April 2010 mendatang di Bali.

rei/Ant

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya