SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Pemasok bahan baku produksi sejumlah pabrik makanan menunda pengiriman bahan baku menjelang perayaan Hari Buruh, Selasa-Rabu (30/4-1/5/2013).

Penundaan pengiriman bahan baku dikarenakan pemasok khawatir terhadap keamanan barang yang dikirim, mengingat pada Hari Buruh itu banyak karyawan pabrik yang tidak bekerja serta adanya aksi demo yang berpotensi kemacetan di jalur distribusi.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Pemilik UD Bunga Karya Pasar Legi, Sardjono, menyampaikan pihaknya rutin memasok cabai ke sejumlah pabrik makanan besar seperti Indofood di Semarang dan Jakarta, ABC, dan Lassalle Food.

“Selasa kemarin kami sengaja tidak kirim barang karena kami pernah punya pengalaman, saat kirim barang tepat di Hari Buruh, truk kami kena sweeping. Akhirnya cabai kami rusak dan tidak ada yang bongkar di sana,” kata Sardjono, saat ditemui Solopos.com di Pasar Legi, Rabu (1/5/2013).

Selasa dia menunda pengiriman khususnya untuk pabrik yang di Jakarta, karena diperkirakan truk tiba di Jakarta pada hari Rabu, tepat di saat Hari Buruh berlangsung.

“Kalau ke Semarang, kemarin langsung kami kirim. Tetapi, yang ke Jakarta kami tunda hingga Rabu sore. Di harapkan Kamis pagi sudah sampai Jakarta,” kata dia.

Pengelola UD Bunga Karya, Joko Susilo, menyampaikan sekali kirim cabai ke pabrik-pabrik itu bisa mencapai 20 ton hingga 30 ton per pabrik untuk setiap kali pengiriman, tergantung permintaan dari pabrik.

Sementara itu, Distributor Buah di Pasar Gede, Yamti, menyampaikan perayaan Hari Buruh tidak terlalu mengganggu pengiriman buah ke kota-kota besar, meskipun dia juga mengkhawatirkan demo buruh itu akan mengganggu proses distribusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya