SOLOPOS.COM - Kartu prakerja (ilustrasi/bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA — Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 22 telah ditutup pada Rabu (27/10/2021). Kendati demikian, hingga kini pemerintah belum mengumumkan secara resmi peserta yang lolos penerimaan kartu prakerja gelombang ke-22 tersebut.

Dikutip dari Liputan6.com, Head of Communication Manajemen Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mengungkapkan jika kuota yang tersedia pada gelombang 22 kartu prakerja mencapai 46.000 formasi. Peserta yang mendaftar pun diharapkan terus memantau informasi terkait status penerimaan tersebut.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Louisa mengatakan kuota 46.000 pada gelombang 22 kartu prakerja itu berasal dari pencabutan status kepesertaan di gelombang 18 sampai 21. Disebutkan jika gelombang 22 menjadi gelombang pemulihan di semester 2 tahun ini.

Baca juga: Ternyata 6 Pelatihan Ini Paling Diminati Peserta Kartu Prakerja

Melansir dari laman prakerja.go.id, Senin (1/11/2021), peserta yang berhasil menerima Kartu Prakerja berhak mendapatkan bantuan pelatihan senilai Rp1 juta dalam bentuk 16 angka Nomor Kartu Prakerja.

Bila nanti sudah diumumkan, begini cara untuk memeriksa status penerimaan seleksi kartu prakerja gelombang 22.

1. Status penerimaan bisa diperiksa melalui notifikasi di dashboard pada laman prakerja.go.id

Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, berarti proses seleksi sedang berjalan.

2. Peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja. Peserta tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Hal ini dilakukan agar peserta bisa melihat Nomor Kartu Prakerja.

3. Selanjutnya, apabila dinyatakan tidak lolos, peserta akan mendapatkan notifikasi bertuliskan “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard.

Peserta bisa memeriksa alasan ketidaklolosan melalui Riwayat Gelombang pada dashboard.

4. Selain melalui dashboard, status penerimaan akan diumumkan melalui SMS atau e-mail.

Baca juga: Gelombang 21 Kartu Prakerja Terakhir Tahun Ini, akan Ada Lagi Enggak Ya?

Buat yang lolos diminta segera mengikuti pelatihan pertama. Sebab pemerintah hanya memberikan batas waktu dalam waktu 30 hari sejak dinyatakan lolos seleksi.

Batas waktu 30 hari ini disesuaikan dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020. Nantinya mereka yang lolos akan mendapatkan bantuan pelatihan senilai Rp1 juta dalam bentuk 16 angka Nomor Kartu Prakerja.

Saldo ini bermanfaat untuk membeli pelatihan melalui tujuh platform digital, antara lain Bukalapak, MauBelajarApa, Pijarmahir, Pintaria, Karier.mu by Sekolah.mu, Tokopedia, dan Kemnaker (SISNAKER).

Adapun beberapa jenis pelatihan yang disediakan, seperti cara berjualan secara online, penggunaan aplikasi komputer, kursus bahasa, fotografi, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya