SOLOPOS.COM - LIHAT ESEMKA -- Anggota DPR Roy Suryo (ketiga dari kiri) bersama Wakil Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meninjau pengerjaan mobil Esemka di Solo Techno Park, Kentingan, Jebres, Solo, Sabtu (7/1/2012). (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

LIHAT ESEMKA -- Anggota DPR Roy Suryo (ketiga dari kiri) bersama Wakil Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo meninjau pengerjaan mobil Esemka di Solo Techno Park, Kentingan, Jebres, Solo, Sabtu (7/1/2012). (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

SOLO – Peminat mobil rakitan para siswa SMK, Esemka, yang berniat membeli mobil itu kini harus memberikan DP atau uang muka sebesar 50% dari harga untuk mendapatkannya.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Hal ini diungkapkan Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Joko Sutrisno, Sabtu (7/1/2012). Terkait ini pihaknya menunjuk PT Solo Manufacture Kreasi yang saat ini berkantor di Solo Technopark untuk mendata para pemesan yang berasal dari penjuru tanah air.

Dia mengatakan, banyak orang yang ingin memesan mobil ini tapi belum ketahuan siapa saja yang akan memesan produk tersebut. Untuk memastikan jumlahnya pihaknya sepakat untuk menetapkan DP sebesar 50% dari harga unit bagi para pemesan tersebut. “Kabarnya memang sampai ratusan pemesan tapi belum tahu juga siapa saja itu,” jelas dia saat dijumpai Espos pada kegiatan penyerahan bantuan di SMK Warga Solo, Sabtu (7/1/2012).

Harga mobil Esemka senilai Rp95 juta itu memang belum pasti. Joko mengatakan harga itu bisa berubah sesuai dengan perkembangan kenaikan harga bahan baku dan nilai tukar dolar. Kendati demikian pihaknya memastikan harga per unit itu akan lebih miring dibandingkan produk bikinan asing. Pasalnya tahun ini pihaknya mulai menggerakan kemampuan sekolah dan murid untuk dapat memproduksi komponen mobil. “DP itu jadi modal awal bagi sekolah dan siswa untuk merakit mobil,” jelas dia.

Kepastian membeli dua mobil Esemka jenis Sport Utility Vehicle (SUV) dan double cabin juga datang dari anggota DPR, Roy Suryo. Hari ini Roy bersama Joko meninjau sejumlah alat yang akan digunakan untuk mencetak komponen mobil di SMK Warga. “Serius, saya mau beli dua unit sekaligus. Saya juga mau ajak teman-teman DPR dan kawan pejabat lainnya untuk beli mobil ini,” jelas dia.

Dia mengungkapkan kendati kualitas mobil ini masih kurang lentur dan lainnya, hal itu tak mengurangi keinginannya untuk segera memboyong dua mobil itu ke Senayan, Jakarta. Menurutnya, apabila diperkenankan Walikota Solo, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi, dirinya berkeinginan untuk test drive mobil Esemka jenis double cabin dari Solo-Jakarta.

“Jika boleh saya ingin mengendarai mobil itu Solo-Jakarta,” jelas dia.

JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti Sawitri Setyani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya