SOLOPOS.COM - Petugas menjelaskan jalur baru yang digunakan saat uji coba kurikulum baru ujian praktik SIM di Satpas Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot, Jakarta, Jumat (4/8/2023). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA — Korlantas Polri resmi meluncurkan buku yang berisi soal-soal mengenai ujian teori untuk pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). 

Buku itu nantinya akan tersedia secara elektronik (e-book) untuk diunduh dan juga secara fisik yang rencananya akan disebarkan di tempat publik.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

“Di sini ada beberapa macam soal yang persis akan dihadapi oleh teruji. Dengan adanya buku berisi soal-soal ujian teori ini diharapkan masyarakat yang akan membuat SIM tidak mengeluh belum mempelajari materi yang diujikan,” ungkap Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, dikutip dari Tribratanews.polri.go.id, Sabtu (5/8/2023).

“Sekarang kami hidangkan buku ujian teori SIM C dan SIM A, nanti ke depan moga-moga SIM B1 dan B2 melalui e-book bisa dilihat di dalamnya, mulai dari pengetahuan lalu lintas sampai contoh soal,” tambah Kakorlantas.

Kakorlantas mengatakan, soal dalam buku tersebut akan dikeluarkan saat ujian teori yang terdiri dari 65 soal untuk dikerjakan dan dijawab. 

Di situ pembaca ada dihadapkan pada situasi-situasi dan dituntut menjawab apa yang harus dikerjakan. Peserta ujian praktik SIM diminta menjawab dengan tepat di antaranya, berhenti, mengerem, mengurangi kecepatan, menyalakan lampu sein, dan sebagainya.

“Artinya kita ingin menyampaikan inilah bentuk transparansi daripada kita Korlantas bahwa tidak ada yang rahasia di lalu lintas. Bahkan seluruh masyarakat harus tahu tentang apa yang harus dikerjakan,” tutup Kakorlantas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya