SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Kopenhagen–
Masih ingat Kurt Westergaard, kartunis pembuat karikatur ‘Bom in The Turban’ yang mengammbarkan sosok Nabi Muhammad SAW? Rumah Westergaard diserang. Penyerangnya, seorang pria Somalia dan ditembak mati polisi Denmark.

Polisi Denmark menembak pria itu saat berusaha masuk rumah Westergaard di wilayah Aarhus pada Sabtu (2/1) seperti dilansir dari Reuters hari ini.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Pria yang ditembak pada kaki dan tangannya itu tertangkap membawa pisau dan kapak. Pria berusia 28 tahun itu ditembak karena melemparkan kapak ke arah polisi.

Lembaga Intelijen dan Keamanan Denmark PET mengatakan pria itu Somalia yang mempunyai izin tinggal resmi di Denmark itu, terkait dengan jaringan teroris.

“Pria yang sekarang ditangkap itu mempunyai hubungan dekat dengan organisasi teroris Somalia al Shabaab yang terkait dengan pimpinan Al Qaeda di Afrika Timur. Tersangka juga terlibat dengan kegiatan teror di Afrika Timur,” kata Kepala PET Jakob Scharf.

Westergaard sendiri tak terluka dalam insiden ini. Pada Februari 2008, 17 media cetak Denmark Jylland Posten menerbitkan ulang karikatur yang dinilai menghina Nabi Muhammad. Kartun itu bergambar pria memakai turban mirip bom dan disebut sebagai Nabi Muhammad.

Buntutnya terjadi aksi demonstrasi di seluruh dunia. Kedubes Denmark di Damascus dan Beirut bahkan dibakar massa.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya