SOLOPOS.COM - Suasana salah satu sudut yang nyaman di UKSW Salatiga. (Istimewa/UKSW)

Solopos.com, SALATIGA–Salatiga punya banyak pesona, salah satunya adalah keberadaan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di kota ini. Keduanya bak perangko dan amplop, tidak bisa dipisahkan. Kalau ingat UKSW, pasti ingat juga Salatiga, dan sebaliknya.

Ya, berdiri 67 tahun silam tepatnya tahun 1956, UKSW yang dikenal sebagai kampus Indonesia Mini telah memberi warna bagi Kota Salatiga. Kota yang terletak di lereng Gunung Merbabu ini sudah didatangi mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia sejak kampus ini berdiri.

Tak mengherankan kalau saat ini kita dengan mudahnya menjumpai orang dari berbagai pulau di Indonesia di kota yang terkenal dengan kuliner ronde dan enting-enting gepuk ini.

Kalau UKSW jadi salah satu pesona Salatiga, lantas apa saja pesona yang dimiliki kampus ini?

Yuk, simak pesona UKSW!

Masuk QS Top Universities

Tidak mudah bagi sebuah universitas bisa masuk dalam deretan QS Top Universities. Dengan masuknya UKSW ke QS Top Universities, menunjukkan kualitas kampus ini. Sebelumnya, UKSW telah mendapatkan Bintang 3 QS Stars Rating. QS atau Quacquarelli Symonds (QS) Stars Rating adalah sebuah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi yang berbasis di Inggris.

?Kali pertama mengikuti pemeringkatan QS, UKSW langsung mendapat bintang 5 untuk kategori Employability (tingkat kesiapan lulusan untuk masuk dunia kerja) dan Inclusiveness (kampus untuk semua).

Untuk kategori lainnya, bintang 4 didapatkan pada kategori Academic Development (pengembangan akademik) dan Facilities (infrastruktur dan fasilitas). Pada kategori Innovation (inovasi), Teaching (pengajaran) mendapatkan bintang 3 dan pada kategori Internationalisation (internasionalisasi) serta Business & Management Studies (kajian manajemen dan bisnis) mendapatkan bintang 2.

?Terakreditasi Unggul

Di tingkat nasional, kualitas UKSW juga sudah diakui. Tepat pada hari kasih sayang tahun lalu, 14 Februari 2023, UKSW resmi menyandang akreditasi institusi Unggul Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No.111/SK/BAN-PT/AK-KP/PT/II/2023.

?Di Indonesia sendiri, baru 84 perguruan tinggi yang mendapatkan akreditasi institusi Unggul dari ribuan perguruan tinggi yang ada, baik negeri maupun swasta.

Beragam Pilihan Program Studi, Ada 63

UKSW memiliki banyak pilihan program studi, ada 14 fakultas dengan 63 pilihan program studi. Jenjangnya pun beragam, mulai dari Diploma 3, Diploma 4, Strata 1, Strata 2 sampai Strata 3 atau Doktor.

?Ke-14 fakultas yang ada di UKSW adalah Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Interdisiplin, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Fakultas Teknologi Informasi, dan Fakultas Teologi.

Mau lebih dekat dengan 63 program studi di UKSW? Klik www.uksw.edu, ya!

Biaya Hidup Terjangkau

Kuliah di UKSW Salatiga, biaya hidupnya juga terjangkau, loh! Di sekitar kampus UKSW, terutama di Kampus UKSW yang terletak di Jalan Diponegoro, beragam tempat makan dengan mudahnya dijangkau mahasiswa. Harganya pun tidak membuat kantong bolong dan bisa menyesuaikan jatah bulanan mahasiswa.

?Buat mahasiswa yang berasal dari luar pulau Jawa, tak perlu khawatir rindu makanan kampung halaman. Di warung makan di sekitar kampus juga menyajikan beberapa menu khas luar Jawa.

Sebut saja yang dari Manado tetap bisa menikmati bubur Manado dan Ikan Cakalang. Mahasiswa asal Maluku dan sekitarnya juga bisa menikmati papeda dan ikan kuah kuning. Belum lagi berbagai olahan sambal yang menambah cita rasa masakan.

Di kampus UKSW sendiri, untuk mengobati rindu mahasiswa yang belum bisa pulang di libur semester, ada agenda tahunan bernama Indonesian International Culture Festival atau IICF. Agenda tahunan dari Senat Mahasiswa Universitas ini menyuguhkan tarian dan kuliner berbagai etnis yang ada di UKSW.

Suasana Kuliah Asyik

uksw salatiga fasilitas
Suasana salah satu ruangan kuliah di UKSW Salatiga. (Istimewa/UKSW)

Kuliah di kampus yang punya banyak sudut nyaman untuk diskusi, pasti mengasyikan! UKSW punya banyak taman yang bisa dijadikan tempat diskusi selepas kuliah, loh. Tak jarang ada kelas yang diadakan di luar kelas sehingga membuat suasana belajar kian seru.

Tak hanya itu, berbagai kelas tematik seperti kelas angkringan, kelas café, kelas museum juga ada di UKSW. Kelas-kelas ini memang dirancang agar suasana perkuliahan jadi tambah asyik dan menyenangkan!

?Bukan hanya suasananya saja yang asyik, di UKSW dosen-dosennya juga asyik. Di kampus ini jangan kaget kalo mahasiswa menyapa dosen dengan panggilan “Mas”, “Mba’, “Koh”, atau “Cik”. Tentunya sapaan ini dilakukan tetap dengan hormat dan saling menghargai, ya. Sapaan akrab ini membuat antara dosen dan mahasiswa semakin akrab, tidak ada “tembok”.

?Didukung oleh 18 gereja pendukung

UKSW didirikan oleh 18 sinode gereja pendukung yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Hingga sebagai ucapan syukurnya, pimpinan UKSW berkomitmen untuk mendukung pendidikan jemaat dengan memberikan beasiswa penuh melalui program beasiswa Diakonia.

Namun jangan khawatir, UKSW sangat menghormati pluralisme agama serta menjunjung tinggi toleransi sehingga siapapun memiliki kesempatan yang sama berkuliah di sini.

Apresiasi admisi potongan hingga 50%

Kuliah di UKSW tidak akan membuat kantong kering karena saat ini masih tersedia berbagai bentuk potongan Biaya Pembangunan hingga total 50%.

Bagi kalian siswa SMA/SMK yang aktif dalam organisasi OSIS, anggota Paskibraka, atau memiliki prestasi di bidang sains, olahraga, seni, drumb band atau lainnya, bisa mendapatkan potongan uang pembangunan hingga 30% loh! Info selengkapnya, dapat diakses melalui bit.ly Apresiasi Admisi 2024.docx atau dengan menghubungi nomor 0811-2700-049.

Nah, di atas adalah pesona yang dimiliki UKSW. Masih ragu untuk bergabung bersama UKSW?

Bergabung dengan UKSW caranya mudah. Ada dua jalur yang dapat dipilih, yaitu melalui Jalur Prestasi (nilai raport) atau melalui Jalur Tes yang dibuka hingga 2 Agustus 2024.

Tunggu apa lagi, jangan lewatkan kesempatan bergabung dengan Kampus Indonesia Mini yang punya banyak pesona!

Rekomendasi
Berita Lainnya