SOLOPOS.COM - Ilustrasi kursi DPRD. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, mengeklaim hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak akan terwujud karena masa persidangan DPR ke-IV tahun sidang 2023-2024 berakhir pada hari ini, Kamis (4/4/2024).

Habiburokhman pun bersyukur karena wacana hak angket yang bergema sejak awal pembukaan masa sidang itu hingga kini masih belum terealisasi secara resmi.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Yang jelas angket enggak jadi ya. Ini sudah ditutup ya kan, alhamdulillah angket tidak jadi,” ujar Habiburokhman di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (4/42024).

Sebagai informasi, setidaknya ada tiga fraksi yaitu PKB, PKS, dan PDIP yang menyuarakan ihwal penggunaan hak angket pada rapat paripurna pembukaan masa persidangan.

Meski demikian, sejak itu belum ada usulan resmi pengajuan hak angket ke pimpinan DPR. Di samping itu, terbaru Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengeklaim progres pengajuan hak angket sudah sempurna sehingga tinggal menunggu momentum.

Hasto mengakui hingga kini hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan penyelenggaraan Pemilu 2024 belum secara resmi diusulkan di DPR RI. Meski demikian, dia mengaku perkembangan sudah baik.

“Ya progres kami sempurna,” ujar Hasto di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2024).

Dia mengatakan pihaknya masih menyaksikan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, berbagai pernyataan dalam sidang sengketa di MK itu akan dijadikan bahan rujukan untuk menyempurnakan pengajuan hak angket di DPR.

Oleh sebab itu, politikus asal Yogyakarta ini mengatakan fraksi PDIP bersama fraksi yang punya semangat serupa masih menunggu waktu yang paling tepat untuk secara resmi mengajukan hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan pemilu.

“Momentum keputusannya masih melihat dinamika politik nasional saat ini,” jelas Hasto.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “DPR Tutup Masa Sidang, Gerindra: Alhamdulillah Angket Tidak Jadi!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya