SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Ketua DPR Marzuki Alie tidak berani berspekulasi seputar isu reshuffle kabinet yang kian berhembus kencang.

Ia bilang soal menteri yang bakal dicopot agar ditanyakan langsung kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Silahkan tanya langsung ke Pak SBY,” kata Marzuki Ali usai menghadiri acara pembukaan Konfrensi Nasional “Peran Haji Dalam Memperkuat Kerjasama dan Persatuan Umat Islam” di Hotel Borobudur, Jalan lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10).

SBY akan menerima laporan langsung tentang evaluasi menteri beserta program kerjanya dari UKP4 yang dipimpin oleh Kunjtroro Mangkusubroto pada 20 Oktober 2010.

Beberapa menteri yakin tidak akan di reshuffle oleh Presiden SBY, seperti Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang menyatakan telah 100 persen programnya telah terealisasi.

“Karena sudah 100 persen lebih target tercapai,” ujar Gamawan beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan Gawanan, Menteri Hatta Rajasa tidak mau ambil pusing dengan isu reshuffle menteri. “Ya, masa kita harus memikirkan reshuffle,” jelasnya.

Sementara itu, sejumlah Kementerian dikritik keras karena dinilai telah gagal menjalankan tugas.

Menlu Marty Natalegawa terus diprotes publik karena dinilai gagal menunjukkan diplomasi keras terhadap Malaysia, Menakertrans Muhaimin Iskandar dinilai gagal melindungi TKI di Malaysia, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad terus bermasalah terkait penangkapan nelayan di perbatasan Malaysia.

Belum lagi isu asmara yang sempat mendera Menhub Freddy Numberi dan Menteri ESDM Darwin Saleh.

Sementara itu, Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) yang bertugas mengawasi kinerja menteri, menyebut ada tiga kementerian yang mendapat rapor merah, yaitu Kemenkum HAM Patrialis Akbar, Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto dan Kemenkominfo Tifatul Sembiring.

dtc/nad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya