SOLOPOS.COM - Ketua PWI Margiono (JIBI/Solopos/Antara/Lucky R.)

Solopos.com, BANJARMASIN — Margiono mempertahankan penguasaannya atas kursi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) hingga 2018 mendatang. Ia secara aklamasi terpilih dalam Kongres ke-23 PWI di Banjarmasin, Jumat (20/9/2013).

Dengan terpilihnya kembali Margiono itu, maka ia akan menjabat untuk periode kedua jabatan memimpin organisasi wartawan tertua di Indonesia itu. Karier profesional Margiono dimulai dari wartawan Jawa Pos yang kemudian menjadi pemimpin redaksi koran itu. Ia lalu membesarkan Rakyat Merdeka, surat kabar Grup Jawa Pos yang terbit di Jakarta. Ia menjadi pemimpin redaksi hingga direktur utama, hingga kini.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Terpilih pula dalam Kongres ke-23 PWI itu, Ilham Bintang, pemilik dan Pemimpin Redaksi Grup Cek & Ricek sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI. Ilham terpilih melalui voting menggantikan Ketua Dewan Kehormatan sebelumnya, Tarman Azzam.

Menurut rencana, pengurus terpilih itu akan dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Banjarmasin, Oktober mendatang.

 

Kompetensi Wartawan

Margiono dalam sambutan pembuka mengatakan program PWI selama 5 tahun terakhir fokus pada pendidikan dan pelatihan jurnalistik dan peningkatan kompetensi wartawan. Hal itu menurut dia penting agar media massa menjadi institusi penyedia informasi yang dipercaya publik dengan dukungan wartawan yang profesional.

Hal itu juga ditekankan Dahlan Iskan, pemilik Jawa Pos Group, yang kini menjadi Menteri BUMN. Sebab, kata Dahlan, tantangan media ke depan, sejalan dengan proyeksi Indonesia sebagai negara maju, tidak semakin mudah.

Karena itu, media harus lebih banyak menonjolkan pemberitaan mengenai ekonomi, bukan didominasi pemberitaan politik. “Ekonomi harus menjadi panglima. kalau saat ini politik masih menjadi panglima,” katanya.

Dahlan pun sepakat pendidikan dan pelatihan bagi wartawan untuk semakin profesional dan memahami isu-isu ekonomi menjadi sangat penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya