SOLOPOS.COM - Susi Air di bawah naungan PT ASI Pudjiastuti Aviation yang memegang Air Operator Certificate AOC 135-028. (Istimewa/susiair.com)

Solopos.com, JAKARTA — Rekaman suara kemarahan mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB) beredar luas di media sosial, Sabtu (6/5/2023).

Suara yang beredar itu adalah percakapan antara Susi dengan Phil, pendeta yang menjadi penghubung antara Susi dengan KKB yang menyekap pilotnya asal Selandia Baru, Philips Marten.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Dalam rekaman itu, Susi bahkan ingin membebaskan sendiri pilotnya dengan meminta bom kepada TNI untuk dipakai melawan KKB.

“Kalau Pak Bishop tanya, saya mau apa? Kalau saya suruh menyelamatkan pilot saya sendiri, saya akan minta bom sama TNI, saya bom semua sendiri! Saya marah!” kata Susi dengan nada tinggi.

Dari rekaman pembicaraan tersebut diketahui, KKB meminta pemerintah Indonesia untuk menarik semua pasukan nonorganik dari Papua.

Mendengar hal itu, Susi mengatakan bahwa pasukan TNI yang disiagakan di Papua memiliki tugas lain yakni untuk melakukan evakuasi terhadap warga sipil.

“Jadi Tim Kopasus itu bukan untuk menyerang KKB, untuk mengevakuasi kalau Tim Cartenz sudah jadi negosiasi. Tapi kenapa mereka (KKB) tembakin pasukan yang mau evakuasi? Saya marah Pak Phil!” ujar Susi.

Pemilik maskapai Susi Air itu pun menyinggung soal pimpinan KKB Egianus Kogoya yang tega menyandera pilotnya.

Padahal Susi mengenal ayah dari Egianus yang merupakan sosok yang baik.

“(Egianus) kasih bakar pesawat orang yang selama ini bawa makanan, bawa obat-obatan, bawa semua yang dibutuhkan, dan membawa orang-orang Papua ke mana saja diperlukan. Apa dosa saya? Apa salah saya?” tutur Susi sambil menangis.

Mantan menteri Jokowi itu pun menyesalkan tindakan KKB yang membakar pesawatnya hingga menembaki pasukan TNI.

“Saya marah sekali setelah tahu mereka bunuh juga pasukan TNI,” Menjawab semua keluh Susi.

Phil mencoba menjadi pihak penengah untuk membebaskan Kapten Philip.

Pihaknya akan mencoba melakukan komunikasi dengan Egianus agar mau membebaskan Philips dari sanderaan.

“Jadi sekarang kita lagi atur, ada pertemuan antara pendeta dengan anak-anak warga jemaat yang sekarang pegang sejata untuk melakukan perlawanan. Jadi Bu Susi sabar, saya akan kontak lagi saat di Jakarta,” kata Phil.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Rekaman Telepon Susi Pudjiastuti Marah soal KKB: Saya Minta Bom!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya