SOLOPOS.COM - Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni (berjilbab biru) menemui Mbah Gotho, Kamis (1/9/2016). (M Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Mbah Gotho asal Sragen manusia tertua di dunia ternyata punya pantangan.

Solopos.com, SRAGEN — Saparman Sodimejo atau akrab disapa Mbah Gotho diyakini sebagai manusia tertua di dunia. Data di Kartu Tanda Penduduk (KTP) Mbah Gotho lahir 31 Desember 1870, merujuk pada bulan tahun 2016 ini Mbah Gotho berusia 145 tahun. ‘

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Ternyata warga Sambungmacan Sragen ini mempunyai pantangan makan. Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni, Kamis (1/9/2016) mengunjungi Mbah Gotho. Kepada rombongan, cucu Mbah Gotho, Suwarni menyatakan Mbah Gotho mempunyai pantangan makan.

Baca Juga: Mbah Gotho Siapkan Kematian, Kondisi Mbah Gotho, Resep Panjang Umur Mbah Gotho

Mbah Gotho pantang makan nasi bancakan. Baik itu bancakan atau selamat atau kenduri dari peringatan tujuh hari orang meninggal atau selamatan setahun orang meninggal. “Termasuk juga bancakan atau syukuran atas kelahiran bayi,” katanya.

Pernah dicoba, ujarnya, Mbah Gotho makan nasi bancakan. “Tapi yang terjdi kaki Mbah Gotho bengkak dan Mbah Gotho tidak bisa jalan,” lanjutnya.

Karena itulah, Mbah Gotho lebih memilih masakan cucuknya sendiri. Dalam sehari Mbah Gotho makan tiga kali. “Paling doyan Mbah Gotho suka sekali sama  iwak kali,” jelas Suwarni yang menambahkan dia dan keluarga tidak tahu menahu apakah Mbah Gotho mempunyai “jimat” atau “pegangan” yang membuatnya panjang umur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya