SOLOPOS.COM - Timnas PUBG Mobile Indonesia memenangkan medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. (ANTARA/HO/PUBG Mobile).

Solopos.com, PHNOM PENHTimnas e-sports Indonesia keluar sebagai juara umum pada ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Setelah perebutan titel yang sengit mengingat Filipina dan Kamboja saling berkejaran dengan Indonesia di cabang olahraga elektronik itu, kepastian juara umum pun didapatkan Indonesia setelah atlet PUBGM Solo Alan Kumaseh mengamankan medali perak untuk Indonesia.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Medali perak yang diperoleh Alan di nomor PUBGM Solo itu menjadikan Indonesia mengemas total tiga emas dari nomor Valorant, MLBB Women, dan PUBGM Tim, dan dua perak dari nomor CrossFire dan PUBGM Solo.

Sementara tuan rumah Kamboja berada di posisi kedua dengan total raihan medali yakni tiga emas, satu perak, dan satu perunggu. Filipina secara umum harus puas di tempat ketiga dengan raihan dua emas, satu perak, dan tiga perunggu.

“Prestasi ini sangat membanggakan. Di tengah persaingan yang makin ketat di Asia Tenggara, Indonesia sekali lagi masih membuktikan sebagai negara terkuat di kawasan,” kata Sekjen PB ESI, Frengky Ong, dalam keterangan resmi dikutip dari Antara, Selasa (16/5/2023).

“Prestasi sebagai juara umum di turnamen antarbangsa dapat kita wujudkan secara berurutan setelah pada Kejuaraan Dunia E-sports IESF di Bali Desember 2022 lalu Indonesia juga sukses menjadi juara umum. Namun, apa pun raihan gemilang yang kita raih di SEA Games ke-32 Kamboja 2023, kami akan tetap melakukan evaluasi agar prestasi ke depan makin meningkat,” imbuhnya.

Di sisi lain, pertandingan Alan Kumaseh di putaran final PUBG Mobile Solo berlangsung sengit. Pertandingan pertama hingga pertandingan ketiga, ia masih menggunakan pola permainan aman dan bertahan.

Hingga pertandingan keempat, ia mulai menunjukkan permainan garang dan menyerang saat menghadapi lawan. Namun, ia gugur pada babak kedelapan di peringkat ke-38. Meski begitu, ia berhasil mengoleksi 12 eliminasi dan 83 poin keseluruhan.

“Saya bersyukur atas raihan ini. Apalagi, sebelumnya saya bersama tim PUBGM Squad telah berhasil mempersembahkan emas untuk Indonesia. Prestasi ini mengulang prestasi saya pada SEA Games Hanoi 2021. Semoga pada SEA Games mendatang, PUBGM mampu berprestasi dengan lebih baik lagi,” kata Alan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya