SOLOPOS.COM - Siswa SMA Kristen Satya Wacana, Nicholas Nathaniel Julius, berhasil mengukir prestasi pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Renang Jawa Tengah pada awal Maret di kolam renang GOR Jatidiri Semarang. (Istimewa/UKSW)

Solopos.com, SALATIGA–Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen Satya Wacana Salatiga terus melebarkan sayapnya dengan capaian prestasi para siswa-siswinya.

Salah satu siswa SMA Kristen Satya Wacana, Nicholas Nathaniel Julius, berhasil mengukir prestasi pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Renang Jawa Tengah pada awal Maret di kolam renang GOR Jatidiri Semarang.

Pada kejuaraan tingkat regional tersebut, siswa kelas XII Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) 2 tersebut meraih Juara 3 Renang Gaya Dada 50 meter dan berhasil membawa pulang medali perunggu. Tentunya keberhasilan ini tidak luput dari kerja keras dan ketekunannya dalam berlatih.

Pemilik hobi olahraga basket ini mengungkapkan rasa bahagianya atas prestasi yang diraih. “Saya senang karena usaha yang dilakukan selama ini tidak sia-sia. Untuk persiapannya sudah dari bulan Oktober tahun lalu,” bebernya dikutip Jumat (15/3/2024).

Saat disinggung mengenai target ke depan, Nicholas, sapaan akrabnya, mengaku ingin mengejar prestasi yang lebih baik dan membanggakan orang tua.

“Saya berharap ke depannya saya bisa memenangkan kejuaraan bergengsi mewakili kota, provinsi, dan negara,” imbuhnya.

Apresiasi Positif

Prestasi membanggakan siswa SMA Kristen Satya Wacana tersebut diapresiasi positif oleh Pimpinan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Wakil Rektor Bidang Pengajaran, Akademik, dan Kemahasiswaan (WR PAK) Prof. Dr. Ferdy Semuel Rondonuwu, S.Pd., M.Sc., mengumumkan prestasi siswa SMA Kristen Satya Wacana di hadapan seluruh civitas academica UKSW seusai Ibadah Senin, belum lama ini.

Tak ketinggalan dalam kesempatan ini, Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., Ak., juga mengapresiasi prestasi tersebut. Rektor Intiyas menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada orang tua yang selalu memberikan dukungan.

“Terima kasih kepada orang tua yang selalu mendukung, semoga prestasi yang diraih terus dijaga,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Rektor Intiyas juga mengundang ibunda Nicholas, Silvia Yohana S.

“Saya bersyukur dan bangga atas prestasinya. Capaian ini adalah buah dari ketekunannya saat berlatih,” kata Silvia ketika menyampaikan perasaannya di hadapan civitas academica.

Mengembangkan Bakat

Saat diwawancarai baru-baru ini, Kepala SMA Kristen Satya Wacana Jumadi, S.Pd., M.Si., mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi gemilang tersebut. Dia menyampaikan Nicholas adalah salah satu siswa yang berprestasi dalam olahraga renang.

Jumadi menegaskan prestasi yang diraih oleh siswa tidak diperoleh dalam satu hari tetapi dipersiapkan dalam waktu lama. “Oleh karena itu, SMA Kristen Satya Wacana memberikan ruang dan waktu untuk para siswa dalam mengembangkan bakatnya menjadi siswa yang berprestasi,” tuturnya.

Tak hanya Nicholas, empat siswa lainnya juga berhasil menorehkan prestasi pada ajang Pekan Olahraga Daerah (Popda) Kota Salatiga.

Keempat siswa tersebut yakni Tenako berhasil meraih Juara 2 dan Arthur Paul Emanuel meraih Juara 3, keduanya menang dalam Popda Tolak Peluru. Dua siswa lainnya yakni Gerardus Miwayau berhasil menyabet Juara 2 serta Hamus Nagen berhasil meraih Juara 3 pada Popda Lempar Lembing.

Rekomendasi
Berita Lainnya