SOLOPOS.COM - Mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS), Adenia Nadira Tuzenitha, berkesempatan untuk mengunjungi Etihad Stadium, markas salah satu tim papan atas Liga Inggris, Manchester City. Kunjungan ini merupakan bagian dari program Indonesia International Student Mobility Awards edisi Vokasi (IISMAVO). (Istimewa/Humas UNS)

Solopos.com, SOLO — Mahasiswa Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS), Adenia Nadira Tuzenitha, berkesempatan mengunjungi Etihad Stadium, markas salah satu tim papan atas Liga Inggris, Manchester City.

Kunjungan ini merupakan bagian dari program Indonesia International Student Mobility Awards edisi Vokasi (IISMAVO).

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Dalam rilis yang diterima Solopos.com pada Rabu (21/12/2022), Adenia Nadira Tuzenitha, yang merupakan mahasiswi Program Studi (Prodi) D-3 Manajemen Pemasaran SV UNS berkesempatan untuk mengunjungi Etihad Stadium pada akhir November 2022 lalu berkat program Pride the Britain sebagai bagian dari program IISMAVO. 

Perempuan yang akrab disapa Nadira ini, berkunjung ke markas Erling Haaland, dkk bersama 42 mahasiswa vokasi asal Indonesia yang diakomodasi oleh Coventry University untuk mempelajari secara detail tujuh perusahaan ternama di Inggris.

Baca Juga: UNS Raih Peringkat ke-7 UI GreenMetric World University Rankings 2022

“Kunjungan ke Etihad Stadium ini adalah salah satu dari rangkaian industrial visit Pride of Britain Tour yang paling menarik meskipun saya bukan penggemar bola,” ujar Nadira.

“Saya tidak menyangka sebuah klub bola memiliki peran yang besar terhadap terjadinya revolusi industri pertama dan terbesar di dunia,” tambahnya.

Nadira juga mendapat kesempatan untuk mengikuti pembelajaran kelas dunia di Coventry University. Ini adalah previlege yang didapat Nadira sebagai awardee IISMAVO skema B (Vocational Engineering and Business Management in ACTION).

Perlu diketahui bahwa IISMAVO adalah bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Baca Juga: Rumah Sakit UNS dan DWP UNS Kembali Gelar Khitanan Massal di Pengujung 2022

Program tersebut bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang memberikan beasiswa kepada total 400 mahasiswa vokasi untuk belajar dan magang di luar negeri melalui lebih dari 40 universitas mitra yang tersebar di 10 negara.

“Saya belajar banyak hal baru di sini, seperti penerapan konsep sustainability dan circular economy di negara maju. Contohnya Inggris,” terangnya.

Selama berada di Coventry University, ia mengatakan bahwa mahasiswa di universitas ini dipancing untuk melakukan diskusi dengan kelompok dan masalah atau isu yang sedang dibahas di dalam kelas menggunakan media interaktif.

Contoh dari penerapan metode pembelajaran tersebut adalah mahasiswa diberikan proyek untuk menganalisis penggunaan kemasan bioplastik di Inggris dan perkembangan motor listrik di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya