SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Mantan Dirjen Pemberdayaan Sosial Departemen Sosial, Gunawan Sumodiningrat, diperiksa KPK terkait kasus pengadaan sapi impor dan mesin jahit dengan tersangka Bachtiar Chamsyah. Dalam proyek tersebut, ia mengaku ada penunjukan langsung.

“Yang tahun 2004 itu memang penunjukan langsung,” kata Gunawan usai diperiksa di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jaksel, Senin (15/2).

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Menurut Gunawan, pada tahun 2004 ia belum menjabat sebagai dirjen. Namun, berdasarkan informasi yang ia terima, penunjukan langsung itu dilakukan karena ada bencana alam.

Saat menjabat sebagai dirjen pada tahun 2006, Gunawan mengaku telah memperbaiki mekanisme penunjukkan rekanan. Proses pemilihan dilakukan dengan tender dan lelang.

“Jadi harus diluruskan pengadaan 2004 itu langsung dan 2006 lelang dan kebetuan pemenangnya sama. Tapi mekanisme 2006 disempurnakan,” tutup pria yang kini menjabat sebagai staf ahli mensos ini.

Selain Gunawan, KPK juga hari ini memeriksa mantan Sekjen Depsos Chazali Situmorang. Hingga kini pemeriksaan masih berlangsung.

KPK sudah menetapkan mantan menteri sosial Bachtiar Chamsyah sebagai tersangka dalam kasus ini. Ia diduga bertanggung jawab atas penunjukkan langsung rekanan proyek dan mark up atas pengadaan tersebut.

dtc/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya