SOLOPOS.COM - Mayjen TNI Maruli Simanjuntak saat menjabat sebagai Danrem Solo. Maruli disebut-sebut bakal menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman sebagai Pangkostrad. (Dok. Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SEMARANG — Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, yang pernah menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama Solo disebut-sebut bakal menjadi Panglima Kostrad (Pangkostrad). Jenderal bintang dua yang merupakan menantu Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marivest), Luhut Binsar Pandjaitan, ini disebut akan menggantikan posisi yang ditinggalkan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang baru saja dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

Menanggapi hal ini, Jenderal Dudung Abdurahman, mengaku belum mengetahuinya. Ia juga tidak bisa memberikan jawaban terkait kans Mayjen TNI Maruli Simanjuntak yang saat ini menjabat sebagai Panglima IX/Udayana itu.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

“Belum tahu sampai sekarang,” ujar Dudung saat ditanya wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/11/2021), dikutip dari Okezone.com.

Baca juga: Daftar Calon Kuat Pangkostrad Pengganti Dudung, Ada Mantan Danrem Solo

Dudung memastikan mengenai posisi Pangkostrad nantinya akan dilaporkan kepada Panglima TNI untuk selanjutnya disampaikan kepada Presiden Jokowi. “Nanti akan kami laporkan kepada Panglima TNI dan nanti akan dilaporkan kepada bapak Presiden,” jelas dia.

Sebagai informasi, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, merupakan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marivest), Luhut Binsar Pandjaitan. Jenderal bintang dua ini memiliki karier yang cemerlang dalam kemiliteran.

Maruli pernah menjabat sebagai Komandan Korem 074/Warastratama atau Danrem Solo pada tahun 2016-2017 lalu. Setelah itu, lulusan Akademi Militer tahun 1992 itu, menempati jabatan sebagai Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Wadanpampres).

Baca juga: Kunjungi Solo, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa Beri Bantuan Beras dan Daging

Pria kelahiran Bandung, 27 Februari 1970 ini kemudian menempati posisi sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV Diponegoro pada 2018. Belum genap setahun bertugas di Kodam IV Diponegoro, Maruli dipercaya mengemban tugas sebagai Komandan Paspampres atau Danpaspampres pada 2018-2020.

Setelah menjabat Danpaspampres, Maruli dipercaya menjabat sebagai Pangam IX Udayana hingga kini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya