SOLOPOS.COM - Sejumlah pelayat berdoa di dekat peti jenazah pelawak Srimulat Mamiek Prakoso, 53, di rumah duka Dusun Kedung Dowo, Desa Jenggrik, Ngawi, Jawa Timur, Senin (4/8/2014). Mamiek Prakoso meninggal dunia di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Solo, Jateng, Minggu (3/8/2014) dimakamkan di Tempat Permakaman Umum (TPU) Dusun Sidowayah, Desa Jenggrik, Ngawi. (JIBI/SoloposAntara/Siswowidodo)

Solopos.com, NGAWI–Mamiek Srimulat atau yang pumya nama asli Mamiek Prakowo, Minggu 34/8/2014) meninggal dunia. Hari ini, Senin (4/8/2014), jenazah Mamiek dimakamkam. Diiringi rekan, kolega, sahabat dan tiga istri Mamiek, almarhum dimakamkan.

Ketua Dagelan Citromitro Solo, Tri Harjono, mengatakan sebagai seniman lawas yang puluhan tahun bergelut di seni tradisi, Tri, bakal terus berkarya demi perjuangan Mamiek.

Promosi BRI Hadiahkan Mobil dan Logam Mulia kepada Pemenang Super AgenBRILink

Selama ini ia menilai Mamiek selalu mendukung kelompok dagelannya agar terus eksis. Dukungan moral maupun materiil selalu diberikan kepadanya dan rekan-rekan seniman lokal di Kota Bengawan.

Di tengah persaingan dengan hiburan modern yang kian berkembang, Mamiek, selalu berpesan agar seniman lokal tak boleh patah arang. Selalu ada jalan untuk bisa mengembangkan kesenian tradisi tersebut.

“Meski telah kehilangan tokoh ulung, kami akan istikhomah melanjutkan dagelan tradisional,” katanya.

Tri yang ikut melayat di Ngawi mengatakan jenazah dimakamkan sekitar Pukul 13.00 WIB di Tempat Permakaman Umum (TPU) Sidowayah, Desa Jenggrik, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi, Jawa Timur.

Hadir dalam permakaman tersebut sejumlah rekan sejawat almarhum seperti Tarzan, Gugun, Nunung, Cak Lontong dan Akbar. Tiga istri almarhum dan kelima anaknya juga turut hadir. Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo bertindak sebagai pemimpin upacara sebelum jenazah dikuburkan.

Diberitakan sebelumnya, Mamiek, meninggal dunia pada usia ke 53 di RS Brayat Minulya, Minggu, sekitar Pukul 14.35 WIB. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari sejumlah kerabat dekat almarhum menderita penyakit liver.

Pelawak senior yang juga anggota Srimulat ini meninggalkan lima orang anak dan tiga isteri yang tinggal di tiga kota berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya