SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: Detikcom)

Ilustrasi (Foto: Detikcom)

Kuala Lumpur (Solopos.com)–Kepolisian Malaysia menangkap 105 orang yang diduga migran ilegal asal Indonesia. Mereka ditangkap saat berada di sebuah kapal yang tengah mencoba menyelinap dari Negeri itu untuk kembali ke Indonesia.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Wakil komandan Kepolisian Marinir Malaysia, N. Kalai Chelvan, mengatakan terjadi aksi kejar-mengejar yang berlangsung selama sekitar 30 menit di lepas pantai Johor selatan pada Selasa (24/5/2011) sebelum fajar waktu setempat. Setelah pengejaran, aparat berhasil menahan kapal tersebut.

Dikatakan Kalai, sebanyak 89 pria dan 16 wanita ditahan dalam insiden itu. Mereka semua tidak memiliki dokumen perjalanan. Namun nahkoda kapal berhasil kabur dengan melompat ke air dan berenang ke pinggir pantai.

Menurut Kalai, penahanan itu dilakukan setelah polisi menerima informasi. “Ini penyitaan kapal ketiga tahun ini. Namun ini kelompok terbesar,” tutur petinggi negeri Jiran itu seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (26/5/2011).

Dikatakan Kalai, polisi marinir beberapa bulan lalu telah mencegat dua kapal yang masing-masing mengangkut 40 orang.

Sekitar 1,2 juta warga Indonesia bekerja secara legal di proyek-proyek konstruksi Malaysia, juga di pabrik-pabrik dan sektor lainnya. Namun pejabat-pejabat Kedutaan Indonesia memperkirakan sekitar 800.000 ribu WNI bekerja secara ilegal di Malaysia.

(Detikcom/nad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya