SOLOPOS.COM - Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD seusai menghadiri pertemuan dengan "Sahabat Muda Mahfud" di Jakarta, Kamis (30/11/2023). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Solopos.com, JAKARTA — Cawapres nomor urut 3, Mahfud Md. mengatakan arah gerakan politik dirinya dan Ganjar Pranowo adalah jalan perbaikan, bukan semata melakukan perubahan atau melanjutkan.

Dia menyebut perubahan secara tiba-tiba tidak mungkin dilakukan karena pemerintahan Indonesia telah berkelanjutan sejak merdeka di tahun 1945 hingga saat ini.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Oleh sebab itu menurutnya, harus dilanjutkan.

Akan tetapi, kata Mahfud, melanjutkan pembangunan secara serta merta juga tidak mungkin dilakukan karena hidup memerlukan perubahan ke arah lebih baik melalui serangkaian evaluasi.

“Kami tidak secara kategoris mengatakan, wah, kita harus melakukan perubahan. Tidak; yang diubah apa? Kan masih perlu dilanjutkan. Kita harus lanjutnya. Ya, tidak juga, kan sudah ada yang selesai, ngapain dilanjutkan? Ada yang tidak benar, diperbaiki, sehingga kami memilih jalan perbaikan. Melanjutkan dan memperbaiki,” kata Mahfud dalam pertemuan dengan Sahabat Muda Mahfud di Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Dia mengutip perkataan filsuf Herakleitos yang menyebutkan bahwa hidup harus mengalir.

Menurut Mahfud, mengalir berarti tidak ada yang berubah tiba-tiba serta tidak ada yang hilang.

“Ini mengalir terus. Di setiap aliran itu ada buih. Buih-buihnya itu yang kita buang. Saluran ke depan kita buka dengan air bersih,” jelas Mahfud seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Menurut dia, ada banyak perbaikan yang harus dilakukan bangsa Indonesia mulai dari akhlak hingga penegakan hukum.

Mahfud mengatakan saat ini kebijakan di berbagai sektor sudah baik tetapi perlu diperbaiki agar semakin baik.

Mengutip pada hasil jajak pendapat Litbang Kompas yang menyebutkan angka kepuasan masyarakat pada pemerintah di bidang politik dan keamanan mencapai 79 persen, Mahfud mengatakan pencapaian tersebut sudah menunjukkan arah yang baik tetapi tetap perlu dilakukan perbaikan.

“Khusus bidang polhukam, tingkat kepuasannya 79. Bagus kan? Bagus. Ini terbagus selama pemerintahan. Nanti, kami perbaiki lagi, apa yang kemarin ada kendala, ya, kami buka sehingga menjadi lebih bagus lagi,” ujar Mahfud.

KPU telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres dan cawapres untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud Md., serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya