SOLOPOS.COM - Tiga mahasiswa UKSW menyabet sejumlah medali dalam Kejurnas Senkaido Open Karate Championship Piala Kemenpora 2023 Series V. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA–Tiga mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menyabet sejumlah medali dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Senkaido Open Karate Championship Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) 2023 Series V, belum lama ini.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Ciracas Jakarta Timur tersebut diikuti 2.226 atlet dari berbagai daerah di Indonesia.

Mewakili UKSW dalam ajang kejurnas karate tersebut adalah Habel Christian Buthe meraih medali perak pada Kumite Senior Putra (+84 kg) Individu Mahasiswa, Kurnia Mahendra Setya Abdi meraih medali emas pada Kumite Senior Putra (-60 kg) Individu Mahasiswa, dan Werda Satria Artha Eddyviar yang meraih medali emas pada Kumite Senior (-75 kg) Individu Mahasiswa juga medali perunggu pada Kumite Senior (-75 kg) Individu Umum.

Salah satu perwakilan UKSW, Habel Christian, tidak bisa menutupi rasa bahagianya. Dia mengaku merasa senang dan termotivasi untuk membanggakan orang tuanya. Mahasiswa asal Labuan Bajo itu menyampaikan tahap seleksi dilakukan secara internal oleh pelatih.

“Tahap seleksi dilakukan secara internal oleh pelatih dan dipilih 3 dari 17 anggota yang memiliki potensi,” tuturnya yang dikutip Jumat (15/12/2023).

Habel yang diberi kepercayaan mewakili UKSW dalam ajang Senkaido Open Karate Championship Piala Kemenpora 2023 Series V bersemangat menjalani latihan. Dia melakukan persiapan secara konsisten dengan berlatih selama dua jam setiap hari.

Kunci Meraih Prestasi

Sementara itu, Kurnia Mahendra membeberkan rahasia di balik keberhasilannya dalam kejuaraan tersebut. “Saya pegang moto dari orang tua saya sampai sekarang. Motonya yaitu menang pada lomba dan mendapatkan piala itu bukan kemenangan, tetapi menghancurkan mental lawan. Menang ataupun kalah itu baru kemenangan,” ungkapnya.

Kurnia Mahendra membuktikan moto tersebut dengan berusaha keras dan mengeluarkan semua kemampuannya secara maksimal selama pertandingan. Hasil jerih payah tersebut mengantarkan Kurnia Mahendra meraih Juara I.

Sepakat, Werda Satria menyampaikan selama pertandingan harus menampilkan yang terbaik dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan. Werda Satria menambahkan dirinya telah berlatih sungguh-sungguh sejak kejurnas sebelumnya untuk mendapatkan hasil ini.

“Saya merasa senang, bangga, dan juga bersyukur karena dari latihan saya membuahkan hasil yang membanggakan,” ujarnya.

Selain kejuaraan kemarin, ada beberapa kejuaraan yang telah diraih oleh Werda Satria. Antara lain yakni Juara 1 pada Kumite di Kejurnas Shindoka 2022 dan 2023, Juara 1 Kumite POPDA, Juara 1 Kumite Beregu dan 2 Kumite Individual di Kejurnas Piala Panglima Divif 2 Kostrad, hingga Juara 3 Kumite Beregu Senior Putra dalam Kejuaraan Internasional The 10th Shitoryu Karate-Do.

Rekomendasi
Berita Lainnya