SOLOPOS.COM - Ketiga pemenang cabang lomba Tari Nusantara menerima Mock Up Juara 1,2 dan 3 (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Prestasi tak henti ditorehkan mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Kali ini prestasi hadir melalui ajang Generasi Baru Indonesia (GenBI) Cup Competition 2023. Mengusung tema “GenBI Bhinneka dari Keberagaman Menuju Persatuan”, telah diselenggarakan acara Grand Final GenBI Cup Competition 2023, di Balairung UKSW, Selasa (14/3/2023).

Dalam ajang ini, Fransisca Isa Narela, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UKSW menyabet prestasi juara tiga cabang lomba Tari Nusantara. Membawakan tarian Bajidor Kahot berasal dari Jawa Barat, Fransiska mampu unggul dibandingkan sejumlah finalis dari Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Universitas Muria Kudus (UMK), dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus.

Mahasiswa calon guru angkatan 2020 ini menuturkan rasa senang dan syukurnya atas pencapaian yang diperoleh.

“Sejak TK (Taman Kanak-Kanak) saya sudah senang belajar menari, untuk mengikuti kompetisi ini saya melakukan latihan secara pribadi dengan melihat video dari youtube,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh mahasiswa asal Bawen, Kabupaten Semarang tersebut, dengan mengikuti kompetisi ini menjadi kesempatan baginya untuk menyalurkan bakatnya selama menempuh pendidikan di UKSW.

Membangun Karakter Unggul

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (RIK) UKSW, Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., yang turut hadir dalam acara Grand Final GenBI Cup Competition 2023, mengapresiasi positif acara yang diprakarsai oleh GenBI Korkom Semarang ini.

Dalam sambutannya, Prof. Eko Sediyono yang hadir didampingi Giner Maslebu, S.Pd. S.Si., M. Si., selaku Direktur Direktorat Kemahasiswaan sekaligus Pembina GenBI Komisariat UKSW ini menyampaikan bahwa Bank Indonesia (BI) tidak hanya memberikan beasiswa dalam menanggung biaya pendidikan mahasiswa selama kuliah saja, melainkan juga membangun mahasiswa untuk memiliki karakter menjadi generasi yang unggul.

Mahasiswa UKSW Raih Prestasi
Fransisca Isa Mahasiswa FKIP UKSW tengah mengikuti lomba tari nusantara pada kegiatan GenBI Cup Competition di Kampus UKSW.

“Melalui kompetisi ini, BI membangun karakter generasi untuk menjadi pemimpin yang paham tentang kebijakan keuangan ketika terjun ke masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Gita Surya Handari, pembina GenBI Korkom Semarang menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk mewadahi dan mengembangkan potensi setiap minat maupun bakat yang dimiliki oleh seluruh Anggota GenBI Korkom Semarang.

Anggota GenBI Korkom Semarang disebutkannya terdiri dari delapan komisariat yang berasal dari 8 perguruan tinggi. Kedelapan perguruan tinggi tersebut yaitu UKSW, Universitas Tidar (Untidar), Universitas Diponegoro (Undip), Unnes, UIN Walisongo, UMK Kudus, IAIN Kudus, serta UIN Salatiga.

“Dalam menghadapi tantangan bonus demografi saat ini, BI menyediakan beasiswa bagi generasi, tidak hanya pendanaan biaya kuliah, melainkan BI melibatkan mahasiswa dalam berbagai kegiatan untuk mengasah skills mereka,” terangnya.

Lima cabang lomba digelar yakni lomba MC (Master of Ceremony) kategori putra dan putri, lomba Tari Nusantara, lomba Essay Writing, Duta CBPR (Cinta Bangsa Paham Rupiah) dan Duta QRIS. Keluar sebagai juara umum dalam GenBI Cup Competition 2023 yakni IAIN Kudus sebagai juara umum pertama, Untidar sebagai juara umum kedua dan UIN Salatiga sebagai juara umum ketiga.

Rekomendasi
Berita Lainnya