SOLOPOS.COM - Foto bersama dalam acara SWCU International Student and Staff Christmas Celebration, Selasa (5/12/2023) di Rumah Noto. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA–Lantunan lagu O Come All Ye Faithful dan O Little Town of Bethlehem menggema dalam acara Satya Wacana Christian University (SWCU) International Student and Staff Christmas Celebration, Selasa (5/12/2023) sore di Rumah Noto UKSW Salatiga. Suasana Natal semakin kental terasa dengan pernik-pernik Natal yang menghiasi ruangan.

Mahasiswa dan dosen dari berbagai negara seperti Korea, Jepang, dan Timor Leste menghadiri acara di Rumah Noto UKSW Salatiga ini. Tak ketinggalan, keluarga dari salah satu dosen Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) asal Korea Jae-Wook Lee, Ph.D., turut merayakan Natal bersama.

Selain itu, hadir dosen Fakultas Interdisiplin (FId) asal Prancis Prof. François Sémah, mahasiswa student volunteer asal Jepang, serta mahasiswa program reguler asal Timor Leste.

Kepala Bagian (Kabag) Kerja Sama dan Pelayanan Gereja Ardiyarso Kurniawan yang menyampaikan Firman Tuhan dalam perayaan Natal, mengangkat tema The Promise of Christ’s Birth.

Mengutip ayat Alkitab Kisah Para Rasul 1:11, Ardiyarso Kurniawan mengajak mahasiswa dan dosen asing untuk merenungkan kelahiran Yesus, juga kedatangan-Nya kembali. “Izinkan Dia mempersiapkan kita menghadapi momen agung ketika kita berjumpa dengan-Nya secara langsung,” pungkasnya.

natal dosen asing uksw
Dosen asing di UKSW mengikuti SWCU International Student and Staff Christmas Celebration, Selasa (5/12/2023) sore di Rumah Noto. (Istimewa)

Acara bertambah hangat dan akrab dengan diadakannya games yang diikuti mahasiswa dan dosen asing serta pembagian hadiah. Games seperti guessing game yang mengharuskan mahasiswa dan dosen asing menebak kata yang diperagakan mengundang gelak tawa.

Wadah Mengakrabkan Diri

Ditemui di akhir acara, Ardiyarso Kurniawan, mengungkapkan acara tahunan yang diadakan DIKER ini bertujuan sebagai wadah keakraban mahasiswa dan dosen asing.

“Kegiatan ini sebagai tempat mahasiswa dan dosen berkumpul untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri. Selain itu juga membantu mahasiswa asing yang tidak pulang ke negaranya dan rindu merayakan Natal,” imbuhnya.

Ia berharap acara seperti ini dapat diikuti oleh lebih banyak mahasiswa dan dosen asing tahun depan. Ia juga berharap kegiatan berkumpul mahasiswa dan dosen asing tidak hanya dilakukan sekali di akhir tahun, namun juga dapat dilakukan gathering pada pertengahan tahun.

Sebagai informasi, selain Natal, program lainnya bagi mahasiswa asing adalah field trip yang diadakan dua kali dalam setahun. Tercatat sampai saat ini ada sebanyak 5 dosen asing dan setidaknya 30 mahasiswa asing yang mengikuti perkuliahan atau program internasional di UKSW.

Dua mahasiswa student volunteer asal Jepang Anju Sugimachi dan Hana Sugimoto mengungkapkan perasaan senangnya dapat mengikuti perayaan Natal bersama.

Meskipun tahun ini mereka tidak dapat pulang ke negaranya, mereka menyatakan keinginannya untuk berlibur di Salatiga dan sekitarnya. “Kami ingin mengunjungi Yogyakarta saat liburan nanti,” ungkap Hana yang mengikuti program student volunteer sejak September hingga Februari mendatang.

Lainnya, mahasiswa asal Timor Leste Bargida membeberkan perasaan senangnya dapat mengikuti perayaan Natal di UKSW. “Saya senang dapat bertemu mahasiswa asing lainnya dalam acara ini. Kami bisa mengobrol dan bertukar bahasa dan budaya dalam acara ini,” tuturnya yang mengaku ingin menghabiskan masa liburannya di Timor Leste.

Rekomendasi
Berita Lainnya