SOLOPOS.COM - Ilustrasi (mahasiswastan.com)

Mahasiswa berprestasi kali ini dari UPN Veteran Jogja.

Harianjogja.com, SLEMAN – Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) berhasil menembus konferensi internasional di Tiongkok berkat skripsi yang dia susun. Dia membantu para teknisi menetukan metode terbaik untuk ekplorasi minyak.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Sebelum berkiprah di dunia akademik internasional, mahasiswa berprestasi ini sudah menerima banyak penghargaan. Dia adalah Zaki Muttaqin, mahasiswa semester IX Prodi Teknik Perminyakan UPNVY.

Penghargaan yang diterimanya sebagai The Best Student Paper Contest yang dipresentasikan dalam konferensi dan ekplorasi pengembangan lapangan internasional atau International Field Exploration and development(IFEDC) 2015 di Universitas Xi’an Shaiyo, Xi’an Provinsi Shaanxi, Tiongkok pada 19 September 2015.

Zaki mengaku tidak menyangka jerh payahnya ini mendapatkan respon yang besar di dunia perminyakan. Padahal awalnya dia hanya ingin mengetahui lebih banyak tentang teori baru milik Pudji Permadi.

“Saya hanya mencoba implementasi teori baru di dunia perminyakan untuk menyimulasikan karakteristik batuan. Teori baru ini dikembangkan pakar minyak asal ITB, Pudji Permadi. Dia mengajukann sebuah metode baru untuk menyimulasi karakteristik batuan dengan melakukan kombinasi porositas (kadar pori-pori batuan) dan kepekaan air,” jelas Zaki di Kampus UPNVY, Selasa (22/9/2015).

Zaki mulai meneliti teori ini dan dipadukan dengan data prediksi kemampuan penyaluran (permeabilitas) batuan untuk menentukan karakter di seputar resevoair minyak. Hasilnya metode ini mampu membantu para insinyur untuk menentukan metode eksplorasi yang terbaik lewat hasil simulasi yang didapat.

“Jadi simulasi ini bisa sangat memebantu bagi insinyur untuk menentukan metode eksplorasi yang tepat. Jika tepatm tentu saja hasil minyak yang didapatkan juga akan lebih banyak dan mudah,” jelas Zaki.

Mulanya Zaki menelusuri teori yang dipublikasikan 2009 lalu lewat sebuah forum internasional di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kendala muncul karena tidak banyak rujukan seputar kerja dan teori yang akan diaplikasikannya ini.

Zaki akhirnya menelusuri seluruh karya tulis yang pernah dimuat di berbagai jurnal ilmiah dan mempelajarinya dari awal. Setelah cukup mantap, Zaki mengujicobakan teori yang ada pada sebuah sumur minyak tempatnya magang di Blok Jabung, disisi barat Sumatra.

“Tak sia-sia temuan menarik pun saya dapatkan. Lantas temuan ini saya susun dalam sebuah laporan penelitiaan yang saya berikan judul ‘Studi Kasus Terapan: Aplikasi Struktur Rogga Geometris dan Prediksi Permeabilitas pada Karakterissasi Resevoir ‘. Dan penelitian itu banyak yang tertarik,” jelas Zaki.

Penelitian ini juga diterapkan Zaki untuk menulis skripsinya. Dia juga berhasil pergi ke Tiongkok tanpa biaya sepeserpun.

“Selama di Tiongkok biaya dari akomodasi hingga biaya konferensi didanai penyelenggara. Saya tinggal mempresentasikan penelitian saya secara terbuka di forum itu,” jelas Zaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya