SOLOPOS.COM - Agam Budi Satria, mahasiswa Fakultas Farmasi UGM angkatan 2011 (tengah) (JIBI/Harian Jogja/dok. Humas UGM)

Mahasiswa berprestasi UGM mendapat penghargaan dari UNESCO.

Harianjogja.com, SLEMAN-Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Agam Budi Satria
menjadi juara kedua dalam US Federation UNESCO Clubs (USFUCA) Worldwide Multimedia Competition 2015.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Agam bertutur keikutsertaanya bermula saat ia Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) di Papua Barat pada Juli-Agustus 2014. Dalam kesempatan tersebut, bersama 29 mahasiswa UGM lain, mereka menghadirkan sumber energi terbarukan melalui pemasangan panel surya di Pulau Manyaifun, Raja Ampat, Papua Barat.

Dari pengalaman ini, ia mendokumentasikan kegiatan dalam sebuah video berdurasi tiga menit dan diikutsertakan dalam kompetisi.

“Panel surya disana cukup penting karena pasokan listrik sangat terbatas. Kebetulan tema kompetisi ini adalah Year of Light,” papar Agam, Senin (20/4/2015) di UGM.

Secara keseluruhan, kompetisi diikuti ratusan pemuda dari 78 negara yang terbagi dalam tiga kategori
usia. Adapun peserta ditantang berinovasi dalam memanfaatkan teknologi sustainable berbasis cahaya yang dapat digunakan bagi pendidikan, pertanian, kesehatan maupun energi.

“Juara pertama diraih oleh Universitas di Iran sedangkan yang ketiga diraih ITS,”papar Agam.

Pemasangan panel surya di Manyaifun, kata Agam, selain bermanfaat untuk penerangan sekaligus membantu kesuksesan program rumah belajar di sana.

Sebagai bentuk apresiasi dari UNESCO-World Genesis Foundation, Agam mendapatkan kesempatan untuk menghadiri perkemahan musim panas, UNESCO Center for Peace Summer Cam, yang akan diselenggarakan di Maryland, AS selama 2 minggu, yaitu 19 Juli-1 Agustus 2015 sekaligus akan ada Special Ceremony untuk para pemenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya