SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan keterangan pers terkait bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur, di Banjarsari, Solo, Kamis (25/5/2017). (M Ferri Setiawan/JIBi/Solopos)

Haji Lulung memuji pernyataan sikap Presiden Jokowi dalam merespons bom Kampung Melayu.

Solopos.com, JAKARTA — Politikus DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PPP Abraham Lunggana memuji pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait bom Kampung Melayu, Jakarta Timur. Menurut Lulung, sebagai kepala negara, Jokowi sangat menyejukkan sekaligus tegas dan lugas merespons aksi teror tersebut.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

“Kami sangat mengapresiasi pernyataan Presiden Jokowi yang tegas dan menyejukkan. Hal itu menegaskan komitmen kuat pemerintah untuk memberantas terorisme. Rakyat tak perlu ragu,” kata pria yang akrab disapa Haji Lulung itu kepada wartawan, Kamis (25/5/2017).

Haji Lulung berharap instruksi Presiden untuk mengungkap kasus terorisme sampai ke akarnya direspon cepat aparat penegak hukum. Dengan demikian kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Dia mengajak masyarakat untuk tidak terlampau khawatir dan mempercayakan pengusutan kasus bom tersebut kepada pihak kepolisian. Selain itu, partisipasi masyarakat dalam hal pemberantasan terorisme, menurut Lulung, juga bisa dilakukan dengan cara melaporkan hal-hal yang mencurigakan di lingkungan kepada pihak kepolisian.

“Saya kira masyarakat harus ikut proaktif mengawasi lingkungan sekitar. Bilamana ada sesuatu yang mencurigakan segera lapor ke RT/RW atau ke Polsek terdekat,” ujar politikus asal Tanah Abang itu.

Kamis pagi, Presiden Jokowi memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan pelaku ledakan bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5/2017) malam.

“Terkait ledakan bom bunuh diri di Jakarta. Dan saya sudah perintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas jaringan pelaku yang melakukan. Saya perintahkan untuk mengejar sampai akar-akarnya karena kita tahu korban yang ada, sudah keterlaluan,” kata Jokowi saat memberikan ketetangan kepada wartawan di depan kediamannya, Jl. Kutai Utara, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo.

Jokowi prihatin banyak masyarakat yang menjadi korban ledakan bom bunuh diri di Kampung Melayu. Dia menyampaikan rasa duka kepada keluarga korban baik yang masih berada di rumah sakit maupun yang sudah meninggal.

“Tukang ojek jadi korban, sopir angkot jadi korban, penjual lapak kelontong jadi korban, polisi menjadi korban dan saya menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada korban, keluarganya baik yang masih di RS maupun yang sudah meninggal terutama kepada aparat kepolisan yang gugur dalam menjalankan tugas,” ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya